Header Ads

GANS BNN dan USI Gelar Seminar Nasional Anti Narkoba


 LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Peredaran narkoba di Kota Siantar kini bukan hanya di kalangan orang berduit, tetapi sudah merambah semua kalangan termasuk para siswa. Bukan hanya di kawasan kota, juga masyarakat di pedalaman maupun pinggiran.

Untuk mencoba menyadarkan masyarakat mulai dari dini dan para orangtua untuk berperan aktif memberantasnya, Gerakan Anti Narkoba Siantar (GANS) akan menggelar Seminar Nasional Pencegahan dan Diteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba pada Sabtu (10/12/2016) di Auditorium Universitas Simalungun (USI).

Ketua Panitia Seminar Nasional, Nandang Suaidah SPd, Rabu (7/12/2016) menyatakan, dalam kegiatan ini akan diisi oleh beberapa pembicara, baik tingkat nasional, regional dan lokal, yakni Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, Kepala BNN Provinsi Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto, Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang dan dokter spesialis Forensik dr Reinhard Hitahean SPF.

Dikatakannya, kegiatan yang akan dihadiri oleh ribuan orang ini memang merencanakan awalnya adalah GANS, namun bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar ,Kampus USI,Taman hewan.

Dijelaskannya, tujuan dari kegiatan ini adalah guna menyadarkan masyarakat yang belum terkena maupun yang sudah terkena dampak narkoba untuk sama-sama memberantasnya.

Ketua GANS, Yan Asmara Siregar SE, berharap acara yang akan digelar mereka pada Sabtu ini akan berjalan sukses. Dinyatakannya, bahwa perlu peran semua pihak dalam memberantas narkoba, sebab peredaran narkoba di kabupaten ini semakin meningkat.

“Peredaran narkoba di kini bukan hanya di kalangan orang berduit, tetapi sudah merambah semua kalangan termasuk para siswa. Bukan hanya di kawasan kota, juga masyarakat di pedalaman dan pinggiran,” katanya.

Sebab itu perlu kepedulian semua pihak, termasuk kalangan pemuda yang kemudian membentuk GANS. “Pemberantasan narkoba bukan hanya tugas polisi, pemerintah dan instansi terkait, tetapi perlu peran masyarakat dan kalangan pemuda, untuk itulah antara lain kami ada disini,” ujar Yan.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan seminar nasional ini, akan digelar mereka setiap tahunnya, disamping kegiatan- kegiatan seminar kecil di tingkat keluruhan setiap bulannya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan BNN Kota Siantar R.Leo P Sihotang sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dinyatakannya, bahwa GANS memang harus segera berbuat untuk melakukan pencegahan mulai dari dini ke Masyarakat khususnya masyarakat Kota Siantar.
Sebab, narkoba ini tidak hanya darurat di Indonesia saja, melainkan secara lokal yakni di Siantar Simalungun ini, peredaran narkoba memang sudah cukup marak.

Diharapkannya dengan seminar ini, bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama memberantas narkoba di Kota Siantar ini mulai dari dini.

Penulis     : franki
Editor       : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.