Header Ads

Hari Peduli Sampah, Hefriansyah : Jangan Banyak Retorika,Mari Action Langsung


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kepedulian tentang kebersihan dan penataan lingkungan, tidak bisa dilakukan hanya dengan berwacana atau seremonial belaka, termasuk dengan membuat kesepakatan-kesepakatan tertulis. Tetapi harus dipraktekkan secara langsung, mulai dari lingkungan diri sendiri, di rumah dan sekitar kita.


“Karena komitmen atau kesepatan tertulis saja tidak ada gunanya jika tidak kita kerjakan. Apalagi, sekarang ini bukan saatnya lagi kita banyak bercakap-cakap, tetapi harus kerja langsung,"

Hal itu ditegaskan Wakil Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah,SE,MM pada acara puncak Program Kali Bersih (Prokasih) sekaligus Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Balai Rahmat, Kompleks Taman Hewan Jalan MH Sitorus, Selasa pagi (28/2/2017).

"Kita tak perlu terlalu banyak beretorika, apalagi bersandiwara. Mari kita action saja langsung secara nyata, sehingga program kita bisa tercapai,”imbuhnya di hadapan ratusan siswa perwakilan SMP, SMA dan SMK Se Kota Pematangsiantar, sekaligus memotivasi para pelajar untuk meraih masa depan.

Menurut Plt.Kadis Lingkungan Hidup, Drs. Eddy Nuah Saragih, kegiatan ini merupakan program nasional, yang serentak digelar di seluruh Indonesia, dalam rangka membangun Indonesia yang bebas sampah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung destinasi wisata bahari berkelas dunia, serta pengelolaan lingkungan hidup berbasis masyarakat.

“Kegiatan ini juga kita lakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan, komunitas-komunitas masyarakat yang mengelola sampah daur ulang menjadi barang bernilai ekonomis,”katanya.

Kegiatan ini mengambil tema: “Melaksanakan pengelolaan sampah terintegrasi dari gunung, sungai, kota, pantai, hingga laut untuk menunjukkan Indonesia bersih sampah”. Dalam rangka itu pula, sebelum acara puncak, telah dilakukan kegiatan bersih-bersih di Lapangan Adam Malik dengan karyawan PT.Pos Indonesia serta di sekitar Taman Hewan bersama prajurit TNI dari Rindam I/BB.

Pada acara puncak, juga dilakukan penandatangan kesepakatan pengelolaan kali bersih oleh perwakilan masyarakat dan instansi serta penanaman pohon, yang secara simbolis dilakukan Wakil Walikota bersama Dandenpom I/1 Pematangsiantar, Mayor Joko Murtiyono. Hadir juga pada kegiatan tersebut, mewakili Danrindam I/BB, Pimpinan Rumah Sakit Tentara, Pimpinan Taman Hewan, para Pimpinan SKPD, Kepala-Kepala Sekolah, Camat serta Lurah.


Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.