Header Ads

Makam Pahlawan Sidamdam tidak Terawat, Ini Nama 9 Pahlawan di Samosir Itu


LINTAS PUBLIK – SAMOSIR, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya, demikian sepenggal kalimat yang harus tetap dikenang generasi muda Indonesia agar tidak melupakan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Di Samosir ada area Makam pahlawan yang dinamakan Makam Pahlawan Sidamdam di Desa Rianiate Kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Tim Siantar Touring Club (STC) sedang membersihan makam Pahlawan Sidamdam
di desa Rianiate kabupaten Samsoir, Minggu  ( 19/2/2017)
informasinya Kompleks Taman Makam Pahlawan Sidamdam ini baru dibangun tahun 2014, dan setiap tahunnya pemerintah kabupaten Samosir selalu tabur bunga untuk menghormati perjuangan pahlawan ini.

Makam Pahlawan yang luasnya lebih kurang satu hektar lebih ini kondisinya sangat tidak terawat, rerumputan tampak sudah lama tumbuh mengitari makam pahlawan Sidamdam, dan disekitar Kompleks Taman Makam Pahlawan juga tumbuh rumput-rumput liar, inilah yang terlihat oleh tim Siantar Touring Club (STC) bersama kru lintaspublik.com pada, Minggu sore(19/2/2017).

“Seharusnya makam ini dirawat, sebagai salah satu obyek wisata perjuangan kepahlawanan di Samosir, ini kebangaan kita, harusnya benar-benar diperhatikan kebersihannya,”kata Tagor Sitohang, SH kordinator Siantar Touring Club menyayangkan makam Pahlawan dibiarkan kotor.



Ketika dicari apa latar belakang kepahlawanan yang dimakamkan di makam pahlawan Sidamdam sangat minim informasi yang didapat. Demikian juga dicari dimedia internet kepahlawanan 9 orang yang dikuburkan di makam pahlawan inipun sangat minim sekali informasinya, tapi di batu nisan nama-nama pahlawan tertulis ada 9 orang dan tertulis sejarah telah gugur di Sihusapi 1903 – 1912, di desa Rianiate kecamatan Pangaruran, 11 Nopember 2014.

“Kami kurang tahu juga informasinya kepahlawanan yang ada dikuburkan di makam pahlawan Sidamdam ini bang, tapi yang pastinya dulu makam ini ada diladang (hutan), dan jauh dari pemukiman, Dan pemerintah Samosir memindahkannya ke tempat ini, tapi sayang hanya dibersihkan sekali setahun, ketikan ada hari besar kemerdekaan saja,”kata seorang ibu paruh baya warga sekitar.

Inilah Pahlawan yang dikuburkan di makam Pahlawan Sidamdam

1. Op tuan Raja Marhehe Malau

2. Op. Barutu Siringoringo

3. Op. Telam Situmorang

4. Op. Jahoras Situmorang

5. Op, Sitolu Opung Simbolon

6. Op. Gareja Harianja

7. Op. Sarbut Tampubolon

8. Op. Tabe Sinaga

9. Op. Mangatur simbolon

Dalam kesempatan itu tim Siantar Touring Club mencoba membersihakan rumput-rumput besar yang menutupi batu nisan ke sembilan pahlawan kebangaan masyarakat samosir itu, dan setelah berhasil membersihan rerumputan liar di sekitar makam, tim Siantar Touring Club yang sengaja menjelajahi wisata Samosirpun memberikan penghormatan.

"Semoga pemerintah Samosir serius mengali sejarah pahlawan Sidamdam ini, kalau boleh dibuatkan satu buah buku sejarah kepahlawanan di Samsoir,"ujar Tagor Sitohang juara lomba perpustakaan dan penulis tingkat Sumatera utara ini.


Penulis : franki.


Inilah Kondisi Makam Pahlawan Sidamdam di Samosir


Tim Siantar Touring Club (STC) memberi hormat kepada
 pahlawan di makam Pahlawan Sidamdam Samosir

Plank nama  menuju makam Pahlawan Sidamdam

Makam Pahlawan Sidamdam terlihat dari depan.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.