Header Ads

Serda Terkelin Sembiring Bantu Petani Seprot Hama Padi di Desa Bukit Selamat


LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Babinsa Koramil 14/Besitang Serda Terkelin Sembiring anggota jajaran Kodim 0203/Langkat bersama PPL dan kelompok Tani Desa Bukit Selamat Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat melaksanakan penyemprotan hama dan pengecekan hama burung, Selasa (28/02/2017).

Penyemprotan pada tanaman padi merupakan kegiatan dalam budidaya tanaman padi yang bertujuan untuk memberikan asupan unsur hara mikro dan untuk mengendalikan hama dan penyakit.

Unsur hara mikro diberikan melalui penyemprotan dengan pupuk daun, dan penyemprotan pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit. Seperti halnya penyemprotan yang dilakukan pada jenis tanaman lainnya, pestisida untuk tanaman padi juga bermacam-macam, yaitu insektisida, fungisida, bakterisida, moluskisida dan pupuk daun.

Masing-masing dari beberapa jenis pestisida tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Menggunakan pestisida yang sesuai dengan jenis OPT (organisme pengganggu tanaman) adalah salah satu faktor pendukung suksesnya berbudidaya tanaman padi.

“Hama wereng termasuk OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)yang menjadi musuh petani untuk mencegah meluasnya hama wereng yang menyerang tanaman padi maka dilaksanakan penyemprotan dengan menggunakan pestisida jenis Buprosida. Hama wereng merupakan musuh petani sehingga harus diberantas, apabila tanaman padi sudah diserang wereng maka buah tidak jadi dan menurunkan hasil panen,”kata Terkelin Sembiring saat melakukan penyemprotan dihadiri Danramil 14/Besitang, PPL Kecamatan Besitang dan Ketua Gapoktan Desa Bukit Selamat.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.