Header Ads

Babinsa Lakukan Pembibitan Padi di Desa Paya Geli


LINTAS PUBLIK – DELI SERDANG, Babinsa Koramil 01/SGL Serda Jazim Nasoha melaksanakan penanaman bibit padi dengan jenis padi Mikongga 64 dengan sistem tanam 4-1 dengan Kelompok tani Mandiri di Dusun 6 Desa Paya Geli  kecamatan Sunggal kabupaten Deli Serdang, dilahan milik Nasrun, Senin(13/03/2017).


Serda Jazim Nasoha menjelaskan tentang sistem tanam 4-1. “setiap empat baris tanaman padi diselingi dengan satu baris kosong dengan lebar dua kali jarak tanam, dan untuk Jarak tanam tanaman padi yang dipinggir menjadi setengah jarak tanam dalam barisannya,”jelas Jajim Nasoha
Semakin banyak intensitas sinar matahari yang mengenai tanaman maka proses metabolisme terutama fotosintesis tanaman yang terjadi di daun akan semakin tinggi sehingga akan didapatkan kualitas tanaman yang baik ditinjau dari segi pertumbuhan dan hasil.

Ketua PPL Rusmita Br Gultom mengatakan, dirinya senang dengan adanya kehadiran para babinsa ditengah-tengah petani. Para petani setidaknya dapat terbantu untuk penyebaran benih yang baik. Caranya dengan pemilihan benih yang baik, penyebaran dan cara perawatan, sehingga akan dihasilkan bibit padi yang unggul.

“Dengan adanya bantuan ini, petani diharapkan bisa lebih cepat selesai dalam melakukan pekerjaannya,”ujar Rusmita.


Penulis : franki/t
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.