Header Ads

Babinsa Serka Suprapto Rawat Tanaman Jagung di Desa Siujan-ujan


LINTAS PUBLIK – DELI SERDANG, Dengan memonitoring tanaman dalam perawatan tanaman jagung di Desa Siujan ujan ini untuk sebagai apresiasi tindakan percontohan bagi masyarakat setempat, dalam kegiatan itu yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung di wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Babinsa Koramil 17/Kotarih jajaran kodim 0204/Deli Serdang Serka Suprapto melaksanakan Pembersihan lahan Jagung di lahan milik anggota Kelompok Tani M. Sipayung dengan luas lahan 11,2 hektare menggunakan bibit jagung Pioner Tongkol 2 Subsidi, usia tanam 3 bulan, adapun kegiatan ini berlangsung dalam rangka upaya khusus meningkatkan swasembada pangan,Jumat (10/03/2017).

Tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal. Serka Suprapto membagi pengetahuan cara memilih Lahan yang baik,agar memilih lahan yang kering, berpengairan cukup, lahan tadah hujan, lahan gambut yang telah diperbaiki atau lahan basah bekas menanam padi. Agar tumbuh dan berproduksi dengan baik Jagung harus ditanam di lahan terbuka yang terkena sinar matahari penuh selama 8 jam.

“Setelah melaksanakan pembersihan lahan jagung Babinsa itu memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan. Jangan sungkan untuk datang meminta bantuan pada para Babinsa, kami ada untuk membantu masyarakat. Diharapkan, dengan perawatan yang teratur jagung yang sudah berbuah dan menjelang masa panen tersebut tidak diserang hama dan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan,”ujar Serka Suprapto.


Penulis : franki/rel
Sumber : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.