Header Ads

Di Rusak Burung, Serka Subandi Sisip Tanaman Padi Usia Satu Bulan di Kecamatan Kuala


LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Babinsa Koramil 04/kuala Serka Subandi jajaran Kodim 0203/Langkat melaksanakan kegiatan penyisipan tanaman padi yang mati akibat di injak2 burung bangau putih milik Andi, yang masih berusia satu bulan, dari kelompok tani “Sativa” di lahan seluas 13 rante, di lingkungan Sei Tembo Kelurahan Pekan Kuala Kecamatan Kuala, kabupaten Langkat, Jumat (3/3/2017).


Penyisipan tanaman padi yang mati akibat hama burung bangau putih membuat resah petani di kelurahan Pekan Kuala,maka babinsa Serka Subandi turun tangan untuk membantu petani menyisip tanaman padi.

“Rumpun yang hilang karena tanaman mati, terlewat ditanami, atau rusak karena hama segera ditanami ulang tidak lewat dari 14 HST. Bibit yang ditanam berasal dari pembibitan yang sama digunakan untuk penanaman sebelumnya,” ujar Serka Subandi.

Serka Subandi menjelaskan, tanah-tanah yang cocok untuk tanaman padi adalah tanah-tanah lempung berliat sampai liat, namun tanah-tanah Alluvial juga baik untuk tanaman padi. Kisarana pH antara 4,5 - 8,7, jika dilihat dari kisaran pH yang disukai oleh padi, ternyata tanaman padi mempunyai kisaran toleransi yang luas terhadap kemasaman tanah.

“Selain hal di atas, air juga sangat penting untuk tanaman padi terutama pada periode vegetatif dan pembentukan bulir,” jelas Serka Subandi.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.