Header Ads

Serka Suhartono Laksanakan Hanpangan Pajale Bersama Petani di Desa Baru


LINTAS PUBLIK – LUBUK PAKAM, Babinsa Serka Suhartono Koramil 05/BK jajaran kodim 0204/Desi serdang mensukseskan program pemerintah swasembada. Babinsa Serka Suhartono ikut terjun kesawah saat tanam padi serempak, yakni kegiatan yang dilaksanakan di desa Tumpatan nibung kec. Batang kuis dan Babinsa Sertu Prianto melaksanakan Hanpangan pajale (padi jagung kedelai) di Desa Baru Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deliserdang, Rabu (08/03/2017).

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serempak di Koramil 05/BK jajaran kodim 0204/Deli serdang melaksanakan kegiatan serupa Tanam Padi Serempak. Hal itu dilakukan selain melaksanakan program dari Komando atas yang harus dilaksanakan, bahwa TNI eksis dalam pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Pajale (Padi, Jagung, Kedelai).

Dengan cara langsung terjun dilapangan bersama para petani di wilayah teriotiral masing-masing. Dengan demikian maka usaha untuk mewujudkan ketahanan pangan akan terwujud di Kabupaten Deli serdang. Babinsa Serka Suhartono kodim 05/BK jajaran kodim 0204/Deli serdang pihaknya mengajak petani menanam serempak dengan sistem blok. Cara ini lebih mudah diterapkan dibandingkan tanam serempak seluruh hamparan, karena cakupan luasan lebih sempit.

Kegiatan Rakor Upsus swasembada pangan ini diharapkan mampu menciptakan sinergitas dalam mendorong pencapaian target pemerintah.

“Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Pelatihan singkat diberikan kepada para Babinsa oleh para pakar yaitu penyuluh, para peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasionalisasi ,”ujar Suhartono.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.