Header Ads

Babinsa Sertu B. Damanik Dampingi Petani Tanam Jagung di Batang Kuis


LINTAS PUBLIK – DELI SERDANG, Bintara Pembina Desa Koramil 05/Batang Kuis Kodim 0204/Deli Serdang Sertu B. Damanik melaksanakan pendampingan petani menanam jagung milik Katimun, anggota Kelompok Tani Suka Maju yang diketuai Sujana dengan luas lahan 1,2 hektare, di Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Kamis (20/04/2017).

Kegiatan ini sebagai wujud dukungan kita terhadap program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional khususnya di Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Diharapkan dalam musim tanam ini petani dapat menghasilkan produksi lebih besar dibanding sistem tanam biasa.

Peran Babinsa sangat penting, karena merupakan ujung tombak satuan teritorial di pedesaan. Karena kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan di suatu desa dan langsung mendampingi para petani dalam penanaman padi, jagung dan kedelai.

Serda Trimo mengungkapkan, Butuh kerja sama dan sinergitas antara Babinsa dan PPL dilapangan dalam memberikan pengertian kepada petani tentang pentingnya mendukung program Swasembada pangan Nasional karena kebiasaan petani di Kecamatan Batangkuis pada umumnya sudah terbiasa menanam tanaman jagung jenis lokal, dengan mengadakan pendekatan dan pemahaman kepada petani, diharapkan para petani yang mempunyai lahan mulai berani menanam jagung dengan jenis Hipryda.

“Sudah saatnya petani menanam jagung jenis Hybrida. Sebab kwalitasnya lebih bagus dan hasilnya cukup banyak dibandingkan jagung lokal, paparnya.

Sementara Katimun mengungkapkan, pendampingan yang di lakukan oleh Babinsa dan PPL ternyata petani sangat terbantu.

“Keberadaan dan kehadiran Babinsa yang lebih sering ikut terjun langsung di lapangan sangat membantu kami, setidaknya kami petani kecil merasa di perhatikan,” tutur Katimun.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.