Header Ads

Bantu Petani, Babinsa Serma Safdar Olah Lahan 5 Hektar di Deli Serdang


LINTAS PUBLIK – DELI SERDANG, Koramil 06/LP Babinsa Serma Safdar Babinsa Desa Perbarakan Kecamatan P. Merbau Kabupaten Deli Serdang melaksanakan pendampingan Hanpangan pengolahan lahan milik A.Sembiring seluas 5000 meter , menggunakan alat Handtraktor bersama kelompok tani Josua, ketua kelopok tani Jansen Sembiring, Danramil Kapten Inf Budiono, PPL Erika KUPT Sahrudin SP, Rabu (12/04/2017).


A.Sembiring pemilik lahan gembira dengan pendampingan yang dilakukan babinsa karena merasa sangat terbantu serta bisa sebagai sarana untuk menanyakan apabila dalam mengolah dan merawat tanaman didapatkan kendala seperti hama tanaman dan cara pemupukan tanaman yang tepat.
Babinsa Serma Safdar mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan oleh para petani dalam mengolah lahan adalah pola tanam,karena dengan pola tanam yang tepat akan diperoleh hasil yang maksimal sebab para petani bisa menekan biaya produksi pertanian.

Apabila pola tanam tidak diperhatikan atau asal tanam maka tanaman yang ditanam akan mudah terserang hama sehingga untuk merawatnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. ”sitim tanam “JARWO” yang saat ini banyak di adopsi oleh petani terbukti dapat meningkatkan hasil, saya berharap semakin banyak petani yang menerapkan sistim tanam jarwo untuk meningkatkan produksi padinya” kata Serma Safdar

Hal tersebut dibenarkan oleh PPL Desa Ketunggeng Trisyanto,bahwa pernasalahan yang bisa menyebabkan turunnya hasil produksi pertanian salah satunya adalah pola tanam petani yang tidak tepat,untuk itu para petani harus benar-benar memperhatikan pola tanam seperti penyiapan lahan,benih serta cara merawat tanaman dan pemupukan.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.