Header Ads

Besok, Gubsu T. Erry Nuradi Hadiri Perayaan Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke-146


Ketua DPRD: Kota Pematangsiantar Butuh Gedung Pertunjukan Budaya Daerah

LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Gubernur Sumatera Utara, Ir.Tengku Erry Nuradi,M.Si direncanakan akan menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pematangsiantar, dalam rangka Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke 146, Selasa pagi 25 April 2017.

Selain itu, Gubernur juga akan turut mengikuti acara ziarah ke Jerat Raja Siantar di Kompleks Istana Raja Siantar di Pamatang, Kelurahan Simalungun, usai Sidang Paripurna di DPRD sekaligus silaturahmi dengan ahli waris keturunan Raja Sang Naualuh. Seharusnya, acara ini digelar pada tanggal 24 April, tetapi karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan libur nasional, maka perayaannya dimundurkan menjadi tanggal 25 April 2017.

Pemuda Siantar menari Toba, dalam pegelaran seni dan budaya HUT kota Pematangsiantar.
Rencana kedatangan Gubernur ke Pematangsiantar disampaikan Wakil Walikota, Hefriansyah,SE,MM melalui Plt.Kabag Humas, Jalatua Hasugian kepada awak media, saat menghadiri malam ketiga acara Pesta Rakyat Siantar, Minggu malam (23/4/2017) di Lapangan Adam Malik.

“Kedatangan Gubernur pada Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke 146 ini merupakan kehormatan tersendiri, apalagi beliau nanti direncanakan juga mengikuti rangkaian acara di Kompleks Pamatang,”katanya.

Pada acara yang giliran penampilan Budaya Batak Toba, melalui persembahan tortor dan tagading oleh kelompok Kreasi Pemuda Siantar ini, juga tampak dihadiri Ketua DPRD Eliakiam Simanjuntak SE, Pimpinan Cabang Bank Sumut Pematangsiantar H.Nursyam, Kepala Dinas Pariwisata Dra.Fatimah Siregar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jekson Hasan Gultom SPd, Plt. Camat Siantar Marihat Johanes Sihombing,SSTP, Plt.Kabag Humas, Jalatua Hasugian.


Di sela-sela menyaksikan pertunjukan Pesta Rakyat, Ketua DPRD bangga melihat makin tingginya minat anak-anak muda di Pematangsiantar yang berkreasi di bidang seni dan budaya daerah. Sementara wadah maupun event untuk tempat penampilan dan pertunjukan kreasi mereka sangat minim.

“Hal ini perlu kita carikan jalan keluarnya agar kreasi seni dan budaya yang digeluti generasi muda kita bisa terwadahi. Kita harus pikirkan, agar Kota Pematangsiantar memiliki Gedung Kesenian atau Gedung Kebudayaan Daerah. Selain itu kita harapkan juga, Dinas Pariwisata punya program pagelaran seni dan budaya secara kontinyu,”ujarnya.

Wakil Walikota menyambut baik usulan Ketua DPRD untuk membangun Gedung Kesenian atau Kebudayaan Daerah di Kota Pematangsiantar. Namun menunggu adanya lokasi yang tepat serta pengkajian teknis soal pembangunannya, tentu bisa dimanfaatkan dulu apa yang ada.

“Misalnya, kita bisa manfaatkan Balai Bolon Lapangan Adam Malik atau Lapangan Pariwisata, sehingga wadah kreasi yang dimaksud Ketua DPRD bisa terakomodir, sembari kita memikirkan lokasi pembangunannya yang tepat. Kita juga melihat, bahwa pertumbuhan sanggar-sangar kesenian di kota ini cukup pesat, sehingga butuh wadah untuk pementasannya,”ujar Hefriansyah.

Selain persembahan totortor dan musik tradisional tagading, malam ketiga Pesta Rakyat Siantar juga dimeriahkan dengan Fashion Show Cilik berbusana daerah yang diikuti 130 orang anak-anak, persembahan Theater Kosong Satu FKIP Universitas Simalungun, serta sejumlah tarian dan lagu-lagu daerah lainnya.

Sedangkan untuk malam puncak Pesta Rakyat Siantar, Sabtu malam 29 April 2017 di Lapangan Adam Malik, akan didatangkan artis Batak dari Jakarta, Erick Sihotang dan Retta Sitorus yang akan didampingi artis-artis lokal Pematangsiantar.


LIHAT JUGA VIDEO BERIKUT DIBAWAH INI




Penulis    : franki/rel
Sumber   : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.