Header Ads

Jaga Lahan “Tidur”, Babinsa Koptu Ahmad Jetor Lahan Sawah


LINTAS PUBLIK - SERGAI, Koramil 10/SR Babinsa Koptu Ahmad melaksanakan Hanpangan menjetor lahan sawah milik Hasan Basri yang tergabung di kelompok tani Mekar Jaya di Dusun 2 Desa Sei Buluh Kecamatan Sei Bamban kabupaten Serdang Bedagai.


Luas lahan yang dikelolah seluas 10 rante. Turut mendampingi pengolahan lahan Danramil 10/SR Kapten Inf, Sukari Ketua kelompok tani Subroto PPL Suardi, Rabu (12/04/2017).
Para Babinsa dengan tidak bosan-bosannya memberikan penyuluhan dan semangat serta mengimbau para petani dan kelompok tani yang ada di desa untuk secepatnya melaksanakan pengolahan lahan dalam persiapan musim tanam.

Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen. Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan begitu saja sehingga tidak ada lahan yang nganggur (tidur).

Bila hal ini terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani akan meningkat. Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk tugas Babinsa mendampingi para petani dalam bercocok tanam, untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Maka dari itu babinsa Serda David turun langsung melaksanakan pengolahan tanah, bertujuan menghancurkan bongkah tanah hasil pengolahan tanah pertama yang besar menjad lebih kecil dan sisa tanaman dan gulma yang terbenam dipotong lagi menjadi lebih halus sehingga akan mempercepat proses pembusukan. Dalam pengolahan kedua ini dilakukan proses penggemburan atau proses pencampuran antara bahan organik dengan tanah.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.