Header Ads

Percepatan Tanam , Babinsa dari Koramil 05/Tanjung Dampingi Petani Panen Padi


LINTAS PUBLIK – BATUBARA, Babinsa Serda S.Nainggolan dari Koramil 05/Tanjung, melaksanakan pendampingan petani panen padi milik R.Sihombing Desa Mekarmulio Kecamatan Sungaibale Kabupaten Batubara. Danramil Kapten Inf A.Zebua dalam rangka percepatan tanam padi, Kamis (20/04/2017).


Kapten Inf A.Zebua menyampaikan, Kegiatan itu sendiri dilakukan berdasarkan instruksi dari Kodim 0208/As kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan monitoring dan pengecekan kesuburan tanaman padi di wilayah masing-masing.

“Para Babinsa diminta pendampingan petani maulai tanam padi dan mewaspadai terhadap penyebaran hama hingga panen padi di wilayah Kecamatan sungaibale,”

Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal. "Guna mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog," terang Kapten Inf A.Zebua.

Lanjut Danramil mengungkapkan “Untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Babinsa pendampingan tanam hingga panen padi itu, kata Danramil, juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di wilayah Bangkalan bisa terus ditingkatkan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa banyak anak muda yang tidak tertarik bekerja di sawah. Hal ini membuat beberapa lahan persawahan di desa/kampung menjadi tak terurus lagi. Untuk itu, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memancing warga pedesaan mau tetap melakukan penanaman padi dan tetap menjaga persawaan,” katanya.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.