Header Ads

Polres Simalungun Dialog Kebangsaan dengan Said Aqil Siroj Ketua PBNU


LINTASPUBLIK-SIMALUNGUN, Dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan,Polres Simalungun mengadakan Dialog Kebangsaan dengan tema " Kebhinekaan Dan Prinsip Kebangsaan : Semangat Islam Nusantara Untuk Indonesia Damai” yang berlangsung di Halaman Masjid Baitul Karim Kebun Dolok Hilir PTPN IV Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Sabtu (17/6/2017).

Dialog yang dimulai pukul 16.30 wib ini dihadiri Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj M.A, Ketua PBNU Sumut Drs. H. Afifudin Lubis , MA, Ketum Pagar Nusa Nabil Harun , Unsur Ketua PBNU KH. Aisjudin Rohman , Unsur Ketua PBNU Ir. Suwadi, Sekretaris PBNU D.Pranoto, Koordintor Wartawan Media Nasional Junaedi Mahbub dan Wakil Ketua PW Tk. I Ufar Pulungan.


Selain itu, turut hadir Waka Polda Sumut Brigjen. Pol. Drs. Agus Andrianto,SH, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Imam Prakoso , Dir Krimsus Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Toga Habinsaran Panjaitan, Dir Sabhara Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Mohammad Slamat,MM,MBA, Kabidkum Polda Sumut Kombes POL. Eri Susanto, SH, Dir Lantas Polda Sumut Kombes POL. Drs. Raden Heru Prakuso , Ka SPN Polda Sumut Kombes Pol. Eldi Yudianto , SH, MH, Dir Tahti Poldasu AKBP AE. Hutabarat, SH, MH dan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH beserta seluruh Pejabat Utama, Kapolsek dan personil jajaran Polres Simalungun.

terlihat juga Unsur Pimpinan TNI, Para Ulama, Tokoh-tokoh agama dari seluruh keyakinan yang diakui di Indonesia, Forum Perhimpunan Umat Beragama, Unsur organisasi kepemudaan dan tamu undangan lainnya serta masyarakat yang berkisar 1.000 orang.

Dengan menghadirkan 4 Naras Sumber, antara lain Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj,M.A, Uskup Agung Medan Mgr. DR. Anicetus Bongsu Sinaga, OFCap, Pendeta Buddha Pdt. Rudi Harjonto,SH,S.AgRUD M.Pd dan Ephorus Gereja GKPS Pdt.Martin Rumanja Purba,M.Si.

Dialog ini dipandu oleh moderator, yakni Ketua IV STT HKBP Kota Pematangsiantar Pdt. Dr. Apeliften Sihombing dan Bachtiar .

Dalam acara tersebut, diisi dengan kegiatan dialog kebangsaan yang disertai season tanya jawab, kemudian dilanjutkan ceramah Agama/ qultum dan buka puasa bersama serta Shalat Maghrib Berjamaah. Selain itu, juga diadakan penyerahan santunan kepada 100 anak yatim oleh Waka Polda Sumut Brigjen. Pol. Drs. Agus Andrianto,SH,Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj,M.A, Uskup Agung Medan Mgr. DR. Anicetus Bongsu Sinaga, OFCap, Pendeta Buddha Pdt. Rudi Harjonto,SH,S.AgRUD M.Pd dan Ephorus Gereja GKPS Pdt.Martin Rumanja Purba,M.Si dan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan,S.IK,MH.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Dialog Kebangsaan tersebut adalah Pancasila, dengan mengukuhkan semangat kebangsaan yang dilandasi dengan keyakinan keagamaan. Inilah konsep utama dalam prinsip kebangsaan di Negeri ini, yakni “Harmonisasi antara Islam dan Nasionalisme, antara nilai keagamaan dengan prinsip kebangsaan”.

Pada Sesi dialog tersebut,Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj,M.A mengupas sejarah nilai-nilai kebangsaan yang melahirkan dan memerdekakan bangsa Indonesia dan menguatkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda penerus Bangsa serta memberikan pencerahan-pencerahan yang dapat dijadikan pegangan di tengah-tengah masyarakat.

Menariknya, dalam dialog tersebut banyaknya beragam keyakinan, ras dan etnis yang hadir nampak keharmonisan dan penuh suasana kekeluargaan yang terjalin satu sama lain. Para peserta yang hadir juga sangat mengapresiasi kegiatan Dialog Kebangsaan ini.

Diharapkan, dengan adanya Dialog Kebangsaan ini dapat mengangkat nilai-nilai budi luhur, seperti toleransi, menghargai perbedaan, empati dan konsensus untuk menjadikan Indonesia damai.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Hati-hati Penelpon Penipuan Mengatasnamakan Petugas Grapari Telkomsel, Ini Cara Mengerjainya






Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.