Header Ads

Organisasi Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme


Penulis: Lewisky Anriati M. Silaban ( Siswi SMA Teladan Pematangsiantar)

Organisai merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa komponen yang mengikatkan diri dengan tujuan bersama. Suatu organisasi dibentuk bukan karena unsur paksaan melainkan terlahir dari hati nurani pribadi dari setiap individu, berpikir jernih dan positif akan menjadikan suatu organisasi menjadi lebih baik.

Mengikuti atau menjadi bagian dari organisasi bisa diibaratkan sebagai masyarakat dalam lingkup kecil maupun luas. Banyak hal yang di dapat saat berorganisasi misalnya selalu ada masalah yang harus dipecahkan bersama, sikap saling menjaga dan bertanggung jawab terhadap keutuhan anggota atau mempertahankan sebuah kelompok, memberikan gambaran sebuah perjuangan panjang.

Lewisky Anriati M. Silaban 

Selain hal di atas organisasi juga berperan penting dengan dunia pendidikan maupun masyrakat misalnya organisasi sekolah, seperti Pramuka, Paskibras, Pmr, Phbi, Pks, Oskrit dan Osis, dan organisasi olahraga lainnya, memberikan manfaat yang besar bagi para siswa terkhusus bagi mereka yang mengikutinya. Dampak positif dari organisasi tersebut antara lain :

1. Membangun kebersamaan,

2. Meningkatkan kreatifitas,

3. Membina mental,

4. Membentuk jati diri,

5. Menghargai waktu,

6. Meningkatkan kepedulian, dan

7. Disiplin, menghargai orang lain.

Dan masih banyak dampak positif lainnya, karena waktu yang seharusnya terbuang melakukan hal negatif atau sia-sia kini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna.

Selain di lingkungan sekolah, organisasi juga bermanfaat di lingkungan masyrakat. Misalnya oraganisasi negara, salah satu contoh organisasi negara adalah Perhimpunan Pelajar Indonesia atau( PPI ) yang merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negara Indonesia.

Hal ini menunjukkan meski mereka tidak berada di lingkungan atau wilayah NKRI mereka tidak lupa akan tanah airnya. Dalam hal ini kita dapat melihat bahwa sebuah organisasi dapat meningkatkan jiwa nasionalisme atau kecintaan terhadap tanah air.

Selain itu,dengan ikut berorganisasi maka kemampuan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan juga akan meningkat. Karena di dalam organisasi, kita dituntut untuk lebih dewasa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Seiring dengan hal itu, dengan ikut berpartisipasi dalam berorganisasi maka rasa kecintaaan terhadap Negara juga akan meningkat. Karena di dalam organisasi kita diberikan pengajaran dan juga pembelajaran tentang betapa berharganya negeri kita ini.

Organisasi memberikan ajaran tentang bagaimana cara untuk menghargai negeri kita sendiri. Mencintai Negara bukan berarti kita harus ikut berperang demi menjaga Negara, namun bisa kita lakukan dengan meningkatkan kualitas diri guna menopang kemampuan bangsa, agar lebih berkualitas. Untuk meningkatkan kualitas diri serta pemahaman tentang cinta Negara, dan juga bisa kita lakukan dengan cara aktif dalam berorganisasi. Dengan berorganisasi berarti kita juga ikut turut ambil bagian dalam upaya mengoptimalisasikan generasi bangsa, agar masa depan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Dengan demikian suatu organisasi sangat diperlukan dalam suatu negara khususnya di era globalisasi yang sekarang membawa generasi penerus bangsa ke era globalisai yang memiliki banyak dampak negatif. Contohnya penggunaan smartphone yang mengajak pengguna lebih asyik sendiri berkomunikasi melalui situs-situs jejaring sosialnya. Hal ini membuat kepedulian dan ras kebersamaan semakin pudar. Maka dengan adanya organisasi, diharapkan suatu individu atau kelompok lebih meningkatkan kecintaan dan jiwa nasionalisme yang tinggi dan baik.

Oleh sebab itu, hendaklah kita bergabung dalam organisasi kecil maupun besar karena sangat banyak keuntungan yang diperoleh yang dapat mengantarkan kita ke arah menuju yang lebih baik. Berawal dari berorganisasi akhirnya dapat menghasilkan jiwa-jiwa baru yang lebih menghargai dan cinta akan tanah air sehingga secara langsung ataupun tidak langsung jiwa nasionalisme akan tumbuh di dalam diri setiap individu.


Karya Tulis ini dalam rangkaMemeriahkan HUT RI Ke 72, yang diselengarakan MPI (Masyarakat Pancasila Indonesia) Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan media online lintaspublik.com (PT.Mediatama Lintas Publik).


LIHAT JUGA VIDEO MENARIK DI BAWAH INI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.