Header Ads

Pentingnya Hidup Berorganisasi Serta Kecintaan Terhadap NKRI


Penulis: Hara Betty MP. Oppusunggu

Sebelum membahas lebih dalam tentang, “ Pentingnya Hidup Berorganisasi Serta Kecintaan Terhadap NKRI”, saya akan mencoba membahas terlebih dahulu “ apa arti organisasi dan manfaatnya?”. organisasi secara umum di kenal oleh siapapun, baik di lingkungan masyarakat, sekolah, bahkan di tempat beribadah sekalipun. pengertian organisasi secara umum ialah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama, secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya ( dana, material, lingkungan, metode, sarana, dan data) yang digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama. sedangkan menurut ahli, yakni Drs. H. Melayu SP. Hasibuan mengartikan organisasi sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bemacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Dari pengertian diatas, dapat saya simpulkan bahwa organisasi adalah tempat dimana orang-orang dapat menggunakan segala fasilitas yang ada dengan bersama-sama untuk mecapai tujuan bersama. Didalam organisasi kita dilatih untuk saling menghargai, menumbuh-kembangkan jiwa sosial, berperilaku dewasa dan mandiri, dan melalui organisasi kita dapat menghadapi perkembangan zaman dengan melakukan hal positif. Maka dari itu setiap sekolah diharapkan memiliki organisasi agar menciptakan peserta didik yang dewasa dalam berpikir dan bertindak.

 Hara Betty MP. Oppusunggu

Dengan tumbuhnya jiwa berorganisasi pada diri kita masing-masing, tanpa kita sadari, kita sudah membantu serta membanggakan Negara kita yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia, dapat dipastikan jika berorganisasi maka anak Indonesia memiliki peluang jauh dari yang namanya Obat-obatan, miras, serta tindakan kekerasan. Didalam UU No.17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan menyatakan bahwa “ dalam menjalankan hak dan kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat, setiap orang wajib menghormati hak asasi dan kebebasan orang lain dalam rangka tertib hokum serta menciptakan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”, Untuk itu dapat kita pastikan bahwa 80% kegiatan organisasi adalah kegiatan positif yang menandakan kecintaannya terhadap NKRI.

Seperti kata pepata mengatakan “ sepotong lidi akan mudah dipatahkan, tetapi apabila seikat lidi akan sangat sukar untuk dipatahkan dan dapat pula kita gunakan untuk menjaga kebersihan dan kenyaman di Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tercinta ini. Tanpa kita sadari, disinilah peran organisasi sangat dibutuhkan. Dimana hasil pemikiran-pemikiran kreatif pemuda Indonesia ditampung yang kemudian diwujudkan dengan adanya kerjasama guna mencapai tujuan bersama. Dan yang harus kita tahu bahwa manfaat beroganisasi sangatlah banyak, antaralain:

1. Menambah Pengalaman

Dengan menjadi anggota dalam sebuah organisasi, kita dapat merasakan suasan dalam berorganisasi itu bagaimana, memiliki banyak relasi, bekerjasama dengan teman setim, serta menyatukan pendapat tim. Selain itu juga daoat menambah wawasan, dan kita akan lebih berpengalaman bagaimana berhubungan dengan orang lain ataupun di lingkungan masyarakat.

2. Sikap Mental

Dalam berorganisasi sikap mental positif kita akan ditumbuhkan, seperti: percaya diri, ketekunan, disiplin, kejujuran, dan berpikir serta bertindak positif.

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara kita bisa mencintai NKRI melalui organisasi?, baiklah saya akan menjawab pertanyaan tersebut. Organisasi adalah salah satu tempat untuk kita menuangkan ide atau pikiran kita demi mencapai tujuan bersama, maka dari itu tanpa kita sadari lama-kelamaan cara berpikir kita akan berbeda dengan orang yang tidak berorganisasi, tidak hanya berpikir, bertindak pun demikian, jika berorganisasi akan memiliki rasa percaya diri, displin, jujur seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Untuk itu yang kita dapatkan dari organisasi tadi, itulah yang akan kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Contoh kecil bagi pelajar atau mahasiswa : bangun tepat waktu, pergi sekolah tepat waktu, rajin mengerjakan tugas, tidak melawan guru atau orangtua maupun yang lebih tua dari kita, berbicara dengan sopan dan santun, jujur dalam bertindak, serta pintar mengatur waktu” , dengan menerapkan yang seperti itu, kamu sudah termasuk anak yang cinta pada Indonesia, sebab kelak sifat mu itu akan terbawa-bawa sampai kamu tua.

Bertindak dan berpikir positif yang telah kita dapat di organisasi tersebut harus kita tunjukan dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan Negara serta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan cara tidak menyentuh obat-obatan, miras dan sejenisnya, serta melakukan tindakan criminal, dan selalu beribadah dan yang lebih penting bertindak dan berpikir positif. Maka secara otomatis kamu akan menjadi teladan yang memberi contoh baik serta cinta terhadap NKRI. JAYA MASYARAKAT INDONESIA, JAYA NKRI, MERDEKA……. MERDEKA!!!!!.*


Karya Tulis ini dalam rangkaMemeriahkan HUT RI Ke 72, yang diselngarakan MPI (Masyarakat Pancasila Indonesia) Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan media online lintaspublik.com (PT.Mediatama Lintas Publik).


LIHAT JUGA VIDEO MENARIK DI BAWAH INI


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.