Header Ads

"Sekali Merdeka Tetap Merdeka"


Penulis: Sri Debora Siregar

Keberhasilan kemerdekaan Indonesia tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Para pejuang atau pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan sampai titik darah penghabisan dengan menggunakan alat seadanya seperti bamboo runcing dan meriam bukan dengan alat perang yang canggih seperti Negara penjajah.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang dibentuk dari sebuah sejarah yang cukup panjang. Oleh sebab itu, tak asing lagi mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki beragam suku,adat,budaya dan agama. Walaupun beragam perbedaan, Indonesia disatukan oleh semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya,walaupun beebeda-beda tetap satu jua. Indonesia juga memiliki Ideologi Pancasila yang bermakna lima ideologi dasar bagi bangsa Indonesia.


Sekali Merdeka Tetap Merdeka Oleh Sri Debora Siregar
Sri Debora Siregar
Dengan adanya Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai dasar pemersatu bangsa Indonesia, kita dapat melihat rakyat Indonesia tetap satu di dalam Negara yang memiliki beragam kemajemukan ini. Rasa cinta kita terhadap Negara Indonesia jangan lah dipandang dari bagaimana orang lain harus bersikap dan bertindak, tetapi kita mulai dari bagaimana kita mampu berkontribusi kepada Negara ini dengan saling menghargai,menghormati, patuh kepada peraturan dan sistem yang berlaku di Indonesia dan saling bertoleransi. Jangan jadikan perbedaaan sekecil apapun mampu memecah belah persaudaraan yang sangat erat di Negara kita ini.

Melalui sekolah, lingkungan tempat tinggal, tempat kerja juga mampu mempengaruhi rasa cinta kita terhadap Negara ini. Kita ambil contoh kecil melalui organisasi yang kita ikuti pada saat sekolah misalnya pramuka, OSIS, paskibra,PMR. Di dalam organisasi sering kita temukan berbagai pendapat berbeda saat rapat. Dari situ kita diajarkan bagaimana cara menghargai pendapat orang lain,bagaimana cara menyikapi perbedaan, bagaimana cara bekerjasama yang baik, tidak menjelekkan teman yang lain, dan tetap solid. Dan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita dapat lihat di organisasi karang taruna. Dimana karang taruna diharapkan sangat berguna bagi pemuda dan remaja karena berfungsi sebagai pengembangan diri dalam pemuda dan remaja dalam bersosialisasi di lingkungan sekitar.

Di dalam organisasi juga kita tidak selalu mendapat manfaat positif tetapi manfaat negatif juga terkadang kita rasakan, misalnya didalam berbeda pendapat dapat memicu rasa sakit hati dan perdebatan, tetapi hal itu bisa dicegah dengan cara bagaimana kita menyikapi permasalahaan itu.

Didalam berorganisasi kita juga diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin, menambah wawasan, membentuk pola pikir yang baik, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Jadi organisasi juga sangat penting dalam membentuk karakter seseorang. Dengan mengikut organisasi juga kita dapat betukar pikiran dalam menghadapi permasalahan yang sedang terjadi di Negara kita ini,misalnya perbedaan agama yang sering terjadi di Negara kita sehingga menimbulkan perdebatan yang hebat dan berpengaruh besar terhadap NKRI. Oleh sebab itu, Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sangat perlu dijiwai oleh masyarakat Indonesia agar disaat terjadi permasalahan yang dapat menimbulkan perpecahaan ,warga Indonesia tetap aman dan rukun.

Dalam hal berorganisasi juga kita harus memilih organisasi yang benar-benar berlandaskan Pancasila, karena organisasi tanpa Pancasila sama saja omong kosong. Tanpa berlandaskan Pancasila, masing-masing anggota dapat dipastikan akan terjadi perdebatan. Karena kita tahu organisasi itu dapat terbentuk dari berbagai macam individu berbeda yang memiliki visi dan misi yang sama yang sudah ditetapkan di dalam organisasi.

Setiap orang pasti sangat memerlukan pengalaman dalam berorganisasi dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan orang lain. Dengan bekerja sama satu sama yang lain, maka pekerjaan pun akan terasa lebih ringan. Maka dari itu, organisasi sangat penting untuk memajukan dan mencapai tujuan Indonesia yang lebih baik. Mulai lah berorganisasi sejak dini dan mari kita saling berorganisasi dari hal yang kecil.

Dari penjelasan diatas dapat saya simpulkan bahwa organisasi memiliki hubungan yang erat dengan rasa solidaritas untuk masing-masing rakyat Indonesia, selama kita menjalankan dengan hal positif dan tidak menyimpang dari Pancasila dan menjiwai semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Oleh karena itu, marilah kita mengikuti organisasi yang berdampak positif bagi diri kita sendiri,bagi lingkungan, dan bagi Negara Indonesia tanpa menghilangkan rasa solidaritas kita antara warga Negara yang lain. Jangan mudah terprovokasi oleh situasi yang ingin memecahbelah kesatuan NKRI hanya karena perbedaan dan persoalan kecil. Jadilah warga Negara yang bijak dan rela berkorban demi Negara kita Indonesia. Bersyukurlah karena ada perbedaan, karena perbedaan itu Indah.

INDONESIA JAYA!! INDONESIA MERDEKA!! SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA!! MERDEKA….


Karya Tulis ini dalam rangka Memeriahkan HUT RI Ke 72, yang diselengarakan MPI (Masyarakat Pancasila Indonesia) Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan media online lintaspublik.com (PT.Mediatama Lintas Publik).

LIHAT JUGA VIDEO MENARIK DI BAWAH INI


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.