Header Ads

Semangat Berorganisasi, Wujud Nyata Cintai Negeri


Penulis: May Nurul Hasana*)

Organisasi,kalian tentu pernah mendengar kata itu,bukan?Dan mungkin saja ada dari kalian yang telah mengikutinya.Kata organisasi sering dibicarakan di sekolah, khususnya di SMA.Namun mungkin sebagian dari kita masih belum tau apa arti sebenarnya dari organisasi tersebut.Kemudian muncul pertanyaan ,APA SIH ORGANISASI ITU?.

Organisasi merupakan kumpulan dari beberapa orang yang bekerja sama dan memiliki tujuan yang sama.Suatu organisasi dapat terwujud jika orang-orang yang berada di dalamnya saling bahu-membahu membangun dan mewujudkan visi dan misi dari terbentuknya organisasi tersebut.

Nah,berarti didalam organisasi itu,ada 3 unsur penting yang terkandung yaitu:

1)Adanya beberapa /sekelompok orang yang berkumpul di dalamnya.

2)Adanya kesepakatan atau persetujuan diantara anggotanya untuk saling bekerja sama.

3)Adanya tujuan ,visi dan misi serta kepentingan yang sama diantara anggotanya.
Biasanya organisasi yang terdapat di sekolah terdiri dari dua bentuk, yaitu:

• ORGANISASi DALAM JAJARAN STRUKTUR PEMBELAJARAN DARI SEKOLAH.

Yaitu berupa organisasi yang di dalamnya terdapat pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing personel yang bertujuan untuk mengkoordinasi kelancaran kegiatan pembelajaran,manajemen,dan administrasi di sekolah ,serta kegiatan register,pemanfaatan sumber daya fisik,buku dsb-nya di sekolah.Dimana personelnya sendiri terdiri dari staf tata usaha,kepala sekolah,kepala kurikulum,staf pembukuan,staf perpustakaan dan sebagainya.

• ORGANISASI SISWA.

Yaitu organisasi yang anggotanya adalah siswa-siswi yang ada di sekolah.Ada banyak contoh organisasi sekolah,diantaranya adalah OSIS, PASKIBRA, PRAMUKA, ROHIS(PHBI), PMR, PKS, Paduan Suara, kegiatan seni seperti tari, alat musik, vocal solo,marching band dan sebagainya.

Berbagai organisasi yang ada di sekolah memiliki peranannya masing- masing organisasi yang disebutkan di atas merupakan segelintir organisasi yang terdapat di sekolah.Organisasi ini memiliki segudang manfaat yang dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air .Karena dalam setiap organisasi, ditanamkan wawasan serta rasa kepeduliaan terhadap Negara kepada para siswa, agar para siswa memiliki rasa kecintaan terhadap NKRI.

May Nurul Hasana
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mengikuti organisasi diantaranya:

• Meningkatkan rasa kebersamaan

Dalam organisasi ,kita dibentuk dan ditempa menjadi siswa yang memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

• Memperkuat tali persaudaraan

Setiap siswa dibekali dengan pengetahuan tentang pentingnya kerja sama, dan tentu saja akan membentuk ikatan persaudaraan diantara sesamanya.

• Menebalkan rasa tolong menolong

Saat siswa melakukan kegiatan ,tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan sendiri.Para siswa dituntut untuk saling tolong menolong agar mencapai tujuan yang hendak dicapai.

• Memperkaya informasi

Melalui organisasi siswa mendapatkan lebih banyak informasi seputar organisasi dan juga kurikulum yang ada di sekolah.

• Meningkatkan kualitas pribadi

Kebersamaan yang ditempa di organisasi menjadikan siswa lebih meningkatkan kualitas pribadi dari masing-masing siswa.

• Membangkitkan semangat juang dan kecintaan terhadap Negara

Setiap organisasi selalu menanamkan hal yang dinamakan rasa cinta tanah air dalam diri setiap siswa.Ini merupakan hal utama yang selalu ditanamkan kepada siswa, disamping rasa ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Berarti telah terbukti bukan,bahwa betapa pentingnya kita sebagai siswa ikut andil dalam berorganisasi.Organisasi tidak hanya membentuk karakter kita menjadi individu yang lebih baik,namun memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.

Dengan berorganisasi ,kita dapat menjadi manusia yang mampu untuk bersosialisasi di depan umum dengan baik.Menjadi pemimpin yang baik,dan mampu membentuk kerjasama dan solidaritas yang tinggi di suatu kelompok.

Banyak kesulitan yang akan dilalui jika tidak ikut berorganisasi.Karena jika tidak ikut berorganisasi,kita tidak terlatih untuk berorientasi dan bersosialisasi dengan orang banyak.Sehingga jika kita sedang berada di depan orang banyak, kita akan kesulitan dan merasa gugup. Sebab kita tidak terbiasa berbicara di depan umum.

Berbeda jika kita ikut berorganisasi. Kita dapat lebih tanggap dalam berbicara di depan umum,dapat berfikir dan lebih menerima pendapat orang lain,karena di dalam organisasi ,kita telah diajarkan dan telah terbiasa menerima pendapat dan mengutarakan pendapat kepada orang lain.

Selain itu,dengan ikut berorganisasi maka kemampuan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan juga akan meningkat.Karena di dalam organisasi,kita dituntut untuk lebih dewasa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

Seiring dengan hal itu ,dengan ikut andil dalam berorganisasi maka rasa kecintaaan terhadap Negara juga akan meningkat.Karena di dalam organisasi kita diberikan pengajaran dan juga pembelajaran tentang betapa berharganya negeri kita.

Organisasi memberikan ajaran tentang bagaimana cara untuk menghargai negeri kita sendiri. Misalnya,seperti PASKIBRA yang mengibarkan bendera Merah Putih setiap upacara,pramuka yang mengajarkan tentang pentingnya pengabdian terhadap Negara dengan menghargai alam dan lingkungan,serta rohis(PHBI) yang memberikan pengajaran ketuhanan dan juga menghargai serta mencintai bangsa.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda ikut turut andil dalam berorganisasi,tidak hanya di sekolah melainkan di lingkungan masyarakat. Karena begitu pentingnya berorganisasi dan juga mencintai NKRI.

Cinta Negara bukan berarti kita harus ikut berperang demi menjaga Negara,namun bisa kita lakukan dengan meningkatkan kualitas diri guna menopang kemampuan bangsa,agar lebih berkualitas.Untuk meningkatkan kualitas diri serta pemahaman tentang cinta Negara,bisa kita lakukan dengan cara aktif dalam berorganisasi.

Dengan berorganisasi berarti kita juga ikut turut andil dalam upaya mengoptimalisasikan generasi bangsa, agar masa depan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu ,mulai sekarang mari aktif berorganisasi,dan mulai membangun negeri.Ikut berorganisasi berarti kita turut bertindak sebagai anak bangsa.Semangat berorganisasi,wujud nyata cinta NKRI.

"generasi muda, giat berorganisasi bukti bahwa kita cinta Indonesia"


Karya Tulis ini dalam rangkaMemeriahkan HUT RI Ke 72, yang diselengarakan MPI (Masyarakat Pancasila Indonesia) Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan media online lintaspublik.com (PT.Mediatama Lintas Publik).




*) Siswi SMA Teladan Pematangsiantar


LIHAT JUGA VIDEO MENARIK DI BAWAH INI


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.