Header Ads

BI Pematangsiantar Resmikan Pojok BI Corner Ke-7 di Fakultas Ekonomi USI


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar kembali meresmikan satu unit BI Corner di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun,Rabu (25 Oktober 2017) sekira pukul 14.00 WIB.

Pojok baca BI Corner di Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun merupakan BI Corner ke-7 yang diresmikan oleh KPw BI Pematangsiantar sejak tahun 2015.

Turut hadir pada kegiatan ini, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (M. Akhir Harahap) yang mewakili unsur Pemerintah kota Pematangsiantar, Rektor Universitas Simalungun (Prof. Dr. Marihot Manulang), Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (Elidawaty Purba, M.Si) serta fungsionaris dan dosen serta mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun.

BACA JUGA  Elly Tjan: Program Sosial BI Kembangkan Minat Baca

Elly Than bersama Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (M. Akhir Harahap) yang mewakili unsur Pemerintah kota Pematangsiantar, Rektor Universitas Simalungun (Prof. Dr. Marihot Manulang), Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Elidawaty Purba, M.Si  serta fungsionaris dan dosen serta mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun 
Pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Perkonomian dan Pembangunan,Akhir Harahap memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kehadiran BI Corner di Kota Pematangsiantar yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat,
khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman juga diharapkan dapat
mendorong minat mahasiswa untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara optimal sehingga dapat menunjang pendidikan mahasiswa.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BI Corner merupakan salah satu Program Sosial Bank Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan edukasi masyarakat, dengan menyediakan buku-buku mengenai ekonomi yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi bagi BI, agar masyarakat semakin mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.

Pada tahap awal, BI Corner difokuskan pada Perguruan Tinggi dan dalam waktu 5 tahun, diharapkan dapat terbangunhadir di setiap level pendidikan hingga sarana perpustakaan daerah maupun fasilitas publik lainnya. Program ini
merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk “Indonesia Cerdas”.

Elly Tjan saat mengunting pita bersama Akhir Harahap dan Dekan Fakultas Ekonomi
 Universitas Simalungun Elidawaty Purba, M.Si

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah memfasilitasi pembangunan BI Corner di Kota Pematangsiantar dan kabupaten/kota wilayah kerja lainnya sejak tahun 2015.

Pada tahun 2015 telah diresmikan dua unit BI Corner di Perpustakaan Daerah Kota Pematangsiantar dan Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Selanjutnya pada tahun 2016 diresmikan dua unit BI Corner lainnya di SMAN 4 Pematangsiantar dan Universitas Asahan.

Adapun untuk tahun 2017 ini, KPw BI Pematangsiantar membangun 5 (lima) unit BI Corner, dua diantaranya telah direalisasikan pada Mei 2017 lalu, yaitu di SMAN 1 dan SMA Pelita Pematangsiantar. Dua BI Corner berikutnya yang telah diselesaikan dan akan diserahterimakan, yaitu di Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun dan SMAN 1 Kisaran. Sementara 1 (satu) BI Corner yang sedang dalam proses pengerjaan berlokasi di SMAN 1 Raya, Kab. Simalungun.

Di samping peresmian dan serah terima BI Corner tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangiantar juga melakukan sosialisasi peran dan tugas Bank Indonesia, di antaranya dengan topik Kebanksentralan, Gerakan Nasional
Non Tunai (GNNT) dan Ciri Keaslian Uang Rupiah kepada 200 mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun.

Ke depan, KPw BI Pematangsiantar akan senantiasa memberikan edukasi mengenai tugas dan peran bank sentral sertamemantau pelaksanaan BI Corner di Kota Pematangsiantar dalam rangka mendukung pengembangan edukasi bidang ekonomi di wilayah kerja.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Penulis    : franki
Editor      : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.