Header Ads

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Resmikan Galeri Songket Batubara “Hilwa Sejahtera”


LINTAS PUBLIK-BATUBARA, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan melakukan serah terima sekaligus meresmikan Galeri Songket Batubara kepada kelompok pengrajin “Hilwa Sejahtera”, yang diwakili Ibu Sabariah sebagai ketua kelompok, Kamis (12 /10 /2017).

Renovasi galeri yang berlokasi di Dusun IV, Desa Masjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia kepada pelaku
UMKM unggulan daerah.

Dalam acara peresmian dan serah terima tersebut turut hadir Asisten II Setdakab Batubara (Renold Asmara), jajaran Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batubara serta pengrajin songket Batubara anggota kelompok Hilwa Sejahtera.


Pemerintah Kabupaten Batubara yang diwakili oleh Asisten II Setdakab Batubara menyampaikan apresiasi atas kepedulian Bank Indonesia terhadap pengembangan UMKM dan kemajuan ekonomi lokal.

Dengan adanya keberadaan galeri ini, hasil karya pengrajin songket Batubara diharapkan semakin dikenal luas. Pemkab Batubara juga menyampaikan dukungannya terhadap usaha kerajinan songket Batubara, di antaranya dengan mengenakan kain songket Batubara sebagai pakaian dinas pada setiap hari Kamis.

Hal senada juga disampaikan oleh Kelompok Hilwa Sejahtera yang diwakili oleh Muhammad Rudi. Sebelum adanya galeri ini, hasil karya kelompok ditampilkan pada teras depan rumah dengan luasan 4 m x 2 m. Dengan adanya bantuan dari Bank Indonesia, Hilwa Sejahtera kini dapat menampilkan berbagai produk buatannya pada galeri yang bagus dengan ukuran 4 m x 9 m. Galeri ini dipandang penting, tidak hanya sebagai pusat pemasaran dan promosi, namun juga dapat menjadi tempat persinggahan untuk memperoleh oleh-oleh khas Batubara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa renovasi dan pembangunan galeri songket Batubara ini merupakan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Tematik dalam rangka pengembangan UMKM unggulan serta upaya untuk melestarikan citra budaya lokal. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia berperan menjaga stabilitas ekonomi, di antaranya melalui pengembangan UMKM unggulan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Kemajuan UMKM pengrajin songket diharapkan dapat memberi dampak pada peningkatan penyerapan tenaga kerja, pemberdayaan wanita, serta berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batubara.

Kelompok Hilwa Sejahtera yang menerima PSBI galeri songket ini merupakan salah satu UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. Hilwa Sejahtera juga telah mendapat dukungan fasilitasi akses pasar sejak akhir tahun 2015.

Kelompok Hilwa Sejahtera diikutsertakan dalam berbagai pameran dan expo
yang diselenggarakan, baik pada tingkat provinsi, regional Sumatera maupun nasional. Keikutsertaan Hilwa Sejahtera dalam pameran tersebut menjadikan songket Batubara semakin dikenal serta memperluas networking kelompok sehingga produk Hilwa Sejahtera saat ini telah memiliki channel distribusi di beberapa daerah, seperti di Medan, Tanjung Pinang, Batam dan Pekanbaru. Lebih lanjut, produk Hilwa Sejahtera juga telah merambah pasar ekspor, di antaranya Singapura dan Malaysia.

Bank Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mengembangkan UMKM unggulan sebagai upaya pencapaian stabilitas ekonomi. Bank Indonesia, di setiap makna Indonesia.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Penulis      : franki
Editor        : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.