Header Ads

8 Trik Pakai Grup Percakapan WhatsApp


LINTAS PUBLIK, Grup WhatsApp sering digunakan untuk berkomunikasi dengan lebih dari dua orang pengguna. Karena penggunanya yang cukup banyak, WhatsApp selalu mengembangkan fitur ini sesuai dengan keinginan pengguna.

Baru baru ini, WhatsApp grup menguji fitur barunya yang dapat memberikan wewenang pada administrator grup untuk membatasi obrolan atau membungkam anggota lain.

Selain fitur tersebut, ada fitur lain yang dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp grup. Apa saja? Simak dirangkuman dari Gadgets Now, Senin (11/12/2017) berikut ini:

ilustrasi

1. Mengetahui siapa saja yang membaca pesan

Terkadang dalam satu grup, terdapat silent reader yang hanya membaca tanpa membalas pesan. Hal tersebut lantas membuat pengirim pesan galau dan bertanya, "Apakah pesan yang dikirimkan telah dibaca oleh anggota grup?"

Agar tidak penasaran, kini pengguna bisa memeriksa siapa saja yang telah membaca pesan yang dikirimkan melalui obrolan grup WhatsApp.

Caranya mudah, pengguna hanya perlu menyentuh dan menahan agak lama pesan yang dikirimkan. Setelah itu, klik menu info (huruf i) yang akan muncul di bagian atas tampilan WhatsApp. Fitur ini akan mengungkapkan kapan dan oleh siapa saja pesan Anda dibaca oleh anggota grup.


2. Memindahkan admin grup ke anggota lain

Sebagian anggota grup percakapan WhatsApp ada yang memilih untuk keluar. Namun, bagaimana jika Anda yang menjadi admin grup ingin keluar? bisa-bisa malah grup itu sendiri yang akan terhapus.

Sebetulnya, admin bisa menunjuk anggota lain di grup percakapan sebelum keluar. Caranya pun mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam daftar anggota grup dan memilih anggota yang dikehendaki untuk dijadikan admin, dengan cara menekan namanya.

Setelah itu, akan keluar beberapa opsi. Salah satunya opsi make group admin atau 'jadikan grup admin'. Pilih opsi tersebut untuk membuat pengguna yang sudah ditentukan menjadi pengganti Anda sebagai admin. Dengan demikian, Anda dapat keluar grup dengan tenang.


3. Menghapus pesan salah kamar

Menghapus pesan salah kamar secara permanen tidak hanya dapat dilakukan di pesan individu. Pesan salah kamar yang terlanjur dikirim di grup juga bisa dihapus secara permanen.

Caranya, pengguna tinggal memilih pesan yang ingin dihapus. Lalu, akan keluar beberapa pilihan di atas layar dan pilih tombol hapus.

Saat sudah dipilih, akan muncul beberapa opsi penghapusan lainnya. Pilih opsi "hapus untuk semua". Pesan Anda pun akan menghilang dan tidak dapat dibaca lagi oleh siapapun.


4. Menghapus grup secara permanen

Menghapus grup WhatsApp secara permanen harus dilakukan dengan cara yang sedikit tricky. Sebab grup tidak akan terhapus secara otomatis ketika Anda yang kebetulan merupakan admin keluar dari grup yang dibuat.

Anda terlebih dahulu harus mengeluarkan anggota grup satu-persatu. Setelah habis, Anda dapat keluar dan grup akan terhapus secara otomatis.

Tapi perlu diingat, cara ini hanya berlaku jika Anda yang menjadi admin grup.

ilustrasi
5. Membisukan notifikasi grup WhatsApp

Ketika bergabung di banyak grup, yang terjadi adalah kekacauan. Pemberitahuan pesan masuk yang tiada henti menjadikan pengguna kadang merasa terganggu.

Untuk menghindari hal tersebut, sebetulnya notifikasi suara pada grup tertentu dapat dihilangkan. Caranya, tekan grup yang ingin dimatikan notifikasinya, lalu pilih opsi bergambar speaker yang dicoret di deretan menu atas.

Setelah itu, akan muncul pilihan matikan notifikasi. Anda dapat memilih mematikan pemberitahuan untuk waktu yang berbeda-beda, bisa delapan jam, satu minggu, atau satu tahun.

Mematikan notifikasi juga akan menghentikan pop-up percakapan untuk grup yang dipilih. Jadi, jika ingin tahu apa yang dibicarakan di grup tersebut, Anda harus mengeceknya secara manual.


6. Menandai pesan penting di grup

Sebuah pemberitahuan penting kadangkala disebarkan melalui grup WhatsApp. Namun ada kalanya pemberitahuan tersebut tenggelam akibat celoteh anggota lain.

Menghadapi hal tersebut, pengguna dapat menandai pesan penting yang kiranya bisa dibaca di lain waktu. Caranya, pilih pesan yang Anda anggap penting, lalu pencet dan tahan.

Akan muncul opsi beberntuk gambar bintang di bagian atas menu WhatsApp. Pilihlah opsi tersebut. Jika ingin mengecek ulang, Anda dapat membuka menu info grup yang ada di bagian kanan atas.

Ketika menekan pilihan tersebut, akan muncul daftar pesan penting yang telah Anda tandai.


7. Mencari obrolan

Mencari obrolan tertentu yang pernah dibincangkan dalam sebuah grup terkadang memakan waktu lama. Untuk mempersingkatnya, Pengguna dapat memanfaatkan fitur "cari" atau "search" dalam grup.

Caranya, pilih pengaturan di kanan atas (menu tiga titik) dan klik opsi Search atau cari. Ketik kata kunci pesan yang ingin dibaca dan tekan tombol panah atas/bawah yang tertera di samping tab pencarian.

Dengan fitur ini, Anda tidak usah membaca dan scroll pesan satu-persatu. cukup dengan mengetik kata kunci, pesan yang ingin dibaca ulang bisa ditemukan dengan mudah. Menghemat waktu bukan?


8. Mengganti gambar grup WhatsApp tanpa jadi admin

Terkadang dalam sebuah grup WhatssApp, admin malas untuk menambahkan gambar. Entah dinilai merepotkan atau memang tidak memiliki gambar yang tepat.

Tapi tahukan bahwa pengguna WhatsApp dapat membantu admin mengganti dan mengunggah gambar/Icon dalam grup tanpa harus menjadi admin?

Caranya mudah. Pengguna cukup masuk ke dalam grup dan mengetuk subjek/nama grup. Ketuk gambar icon tersebut dan pilih opsi yang berbentuk pensil.

Setelah itu, akan muncul pilihan untuk mengambil gambar, baik dari galeri maupun foto dengan kamera. Pilih gambar yang sesuai dan simpan. Jika melakukannya dengan benar, maka grup WhatsApp Anda bakal punya ikon baru.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber   : kompas 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.