Header Ads

Angkasa Pura Ingatkan Warga Penipuan Berkedok Lowongan Kerja


LINTAS PUBLIK - JAKARTA,  PT Angkasa Pura (AP) I kembali mengimbau masyarakat luas untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan berkedok lowongan kerja mengatasnamakan PT Angkasa Pura I (Persero) yang akhir-akhir ini kembali marak terjadi.

Corporate Secretary PT AP1 Israwadi menyebutkan selain melalui iklan lowongan kerja di internet, pengumuman lowongan pekerjaan di PT Angkasa Pura I (Persero) juga marak tersebar melalui broadcast Whatsapp.

Modusnya, kata Israwadi, pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat email gratisan (biasanya menggunakan gmail/yahoo) sebagai alamat pengiriman lamaran.

ilustrasi
Berdasarkan email-email yang telah masuk tersebut, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes (biasanya berlokasi di luar Jakarta, misalnya Bali.

Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu, sedangkan tesnya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan). Di email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro perjalanan fiktif. Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.

“Dalam setiap proses rekrutmen, Angkasa Pura I tidak pernah menerapkan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi calon karyawan,” ujar Israwadi, Jumat (29/12/2017).

Oleh karena itu, masyarakat perlu hati-hati terhadap informasi rekrutmen yang mengatasnamakan Angkasa Pura I. Angkasa Pura I hanya menginformasikan pengumuman rekrutmen melalui situs resmi korporat di www.ap1.co.id atau melalui media massa yang kredibel.

Dia mengingatkan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pelamar kerja di antaranya Angkasa Pura I tidak bekerjasama dengan pihak manapun, termasuk biro perjalanan (travel agent) untuk program rekrutmen dan mengumumkan proses rekrutmen melalui situs www.ap1.co.id dan media massa yang kredibel.

Selain itu, Angkasa Pura I tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen. Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen Angkasa Pura I dan agar melakukan pengecekan melalui website resmi Angkasa Pura I yaitu www.ap1.co.id atau Contact Center Bandara 172, yaitu telefon (kode area) 172, Twitter @angkasapura172 dan emailcc172@ap1.co.id.

Sumber   : poskota 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.