Header Ads

Peringati HPSN, Dinas Lingkungan Hidup Bersama Kecamatan Siantar Selatan Aksi Bersih-bersih


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Persoalan sampah merupakan permasalahan serius yang dihadapi Pemerintah saat ini.

Sampai-sampai Pemerintah menerbitkan regulasi UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Kota Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanganan membersihkan sampah akibat ketidaksadaran masyarakat.

BACA JUGA  Musrenbang Siantar Selatan, Camat Naek Tambanunan, SH Banggakan Kantor Kelurahan Simalungun

Masyarakat aksi aksi bersih-bersih di Kecamatan Siantar Selatan tepatnya di Jalan Parsoburan,Jalan Cornel Simanjuntak,Jalan Laguboti dan Jalan Marimbun.
Dengan melakukan aksi bersih-bersih di Kecamatan Siantar Selatan tepatnya di Jalan Parsoburan,Jalan Cornel Simanjuntak,Jalan Laguboti dan Jalan Marimbun.

Kegiatan tersebut melibatkan aparatur Kecamatan Siantar Selatan hingga aparatur kelurahan,Polsek Siantar Selatan, siswa-siswi SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 5 serta lapisan masyarakat.

Hal ini juga berkaitan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2018.

"Kegiatan bersih-bersih ini merupakan arahan dari Walikota Hefriansyah dalam memperingati HPSN di Kota Pematangsiantar,"ujar Kadis Lingkungan Hidup Jekson Gultom,S.Pd, Rabu (21/2/2018).

Lanjut Jekson, untuk kegiatan puncak akan dilakukan pada tanggal 2 Maret 2018 yang diikuti BUMD, BUMN serta instansi lainnya.

"Kalau arahan dari Kementerian dimulai pada 21 Januari dan berakhir 21 April, namun untuk Siantar kita mulai hari ini," ujarnya.

"Untuk kegiatan puncak, akan dilakukan di Sub Terminal Agrobisnis atau Terminal Parluasan dengan aksi bersih-bersih tapi dengan jumlah besar-besaran,"katanya.

Jekson berharap, semoga dengan aksi bersih-bersih ini dapat menggugah segenap lapisan masyarakat.

Sementara Camat Siantar Selatan Naek Tambunan, SH mengajak masyarakat Siantar Selatan untuk peduli dengan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Dengan begitu, kebersihan tetap terjaga dan yang diuntungkan adalah masyarakat itu sendiri.

"Kecamatan Siantar Selatan selalu melaksanakan bersih-bersih satu jam per hari. Kita juga selalu ingatkan warga soal sampah yang bisa ancaman untuk kesehatan. Karena itu kita budayakan buang sampah pada tempatny,"ucap Naek.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Jalan-jalan Sore di Agro Wisata Bah Butong - Sidamanik, Simalungun





Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.