Header Ads

1 Mei Nanti 20 Ribu Buruh Bekasi Demo di Istana Merdeka


LINTAS PUBLIK - BEKASI, Pada Hari Buruh 1 Mei nanti, buruh asal Bekasi, Jawa Barat akan fokus demo di Istana Merdeka Jakarta. Sebanyak 20 ribu buruh rencananya meramaikan Mayday tersebut.

“Teman-teman buruh sudah sepakat akan turun ke jalan pada 1 Mei . Tujuannya ke Istana Merdeka Jakarta. Dari Bekasi ada sekitar 20 ribu orang,” ungkap Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Bekasi, Amir Mahfuzh.

Di Kabupaten Bekasi, kata Amir, tidak akan ada aksi turun ke jalan. Di Bekasi, buruh hanya berkumpul sebelum menuju Istana Merdeka.

Ilustrasi Buruh berunjuk rasa
“Untuk FSPMI tidak ada aksi di Kabupaten Bekasi. Semuanya ke Jakarta. Karena ada 10 ribu buruh dari kota/kabupaten lainnya yang akan bergabung dengan kita ke Jakarta,” katanya.

Diperayaan Mayday tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi dikabarkan n menggelar kegiatan. Namun kata Amir, buruh tidak menghadiri kegiatan tersebut karena akan bertolak ke Jakarta.

“Iya kemarin dari disnaker kasih tahu ke kita soal kegiatan. Kita enggak bisa menghadiri karena kegiatannya tanggal 1 Mei juga. Saat itu kita ke Jakarta semua,” tuturnya.

“Kalau kegiatan itu menjadi rangkaian perayaan Hari Buruh dan dilaksanakannya bukan tanggal 1 Mei, mungkin kami bisa datang,” tambahnya.

Ada beberapa tuntutan yang akan mereka bawa ke Jakarta. Tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi kali ini mereka namakan Tritura Plus.

Dari tuntutan tersebut yakni, turunkan harga beras, listrik, dan BBM. Wujudkan kedaulatan pangan dan energi. Tolak upah murah, cabut PP 78/2015, jadikan KHL 84 item serta menolak TKA Cina unskilled worker.

Sedangkan aspirasi lainnya yang juga akan disampaikan saat Mayday tahun ini yakni, hapus outsourcing dan memilih presiden pro buruh pada 2019 mendatang.

Sumber   : poskota 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.