Header Ads

HUT Siantar KE 147, Festival Budaya dan Permainan Zaman Old dan Now


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pematangsiantar ke-147 akan menampilkan Festival Budaya dan sejumlah permainan mulai zaman Old (dulu) dan zaman Now (sekarang). Tak ayal, perayaan HUT kali ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Festival Budaya yang berlangsung 23-28 April 2018 ini diharapkan menjadi momen kebangkitan pariwisata di Kota Pematangsiantar.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar Dra.Fatimah Siregar, Rabu (18/4/2018).

Dra.Fatimah Siregar
Dirinci Fatimah, di Lapangan H Adam Malik, akan ditampilkan permainan Zaman Old seperti Margala atau Cak bur, Marzalengkat atau Enggrang, Lomba Tempurung Kelapa, Congklak, pecah piring, Zondaag atau Engklek dan Patok Lele.

"Peserta berasal dari pelajar SD dan SMP. Namun, terlebih dahulu dilakukan pertandingan eksebisi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," ucap Fatimah.

Pertunjukan ini dimaksudkan untuk mengenalkan permainan-permainan zaman dulu kepada remaja zaman sekarang, sekaligus mengajak orang-orang zaman Old untuk mengenang masa lalu mereka.

Sementara untuk festival budaya, nantinya akan dilangsungkan di dua tempat yakni Lapangan H Adam Malik dan Lapangan Merdeka.

Adapun Festival Budaya berupa tarian-tarian daerah, yang menampilkan kebudayaan serta kegiatan berupa cerita-cerita rakyat 8 dari 12 suku yang ada di Siantar.

Sementara di Lapangan Merdeka akan dilangsungkan pertunjukan Zaman Now seperti Talk Show, Stand Up Comedy, Sport Activity, Workshop Digital, musik dan acara hiburan lainya.

"Rangkaian acara ini merupakan hasil kerjasama dengan Kreasi Anak Siantar (KAS) dan sanggar seni dari USU. Juga akan diisi kegiatan ragam dalam kebhinekaaan yang menampilkan kegiatan keagamaan dalam bentuk doa bersama semua perwakilan agama yang ada di Siantar," kata Fatimah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menjadi kalender tahunan pariwisata di Kota Pematangsiantar. Festival budaya tersebut diharapkan menjadi daya tarik wisatawan dan menjadikan Kota Pematangsiantat sebagai pintu masuk Kawasan Wisata Danau Toba.


Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.