Header Ads

Soal UNBK SMP, Siswa: Paling Susah ya Matematika


JAKARTA – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP dan sederajat baru saja selesai dilaksanakan hari ini. Beberapa siswa SMP ada pula yang mengeluhkan sulitnya soal ujian yang mereka kerjakan.

Salah satu siswa yang mengeluhkan kesulitan UNBK ini adalah Afni. Meskipun tidak semua mata pelajaran ia mengalami kesulitan, namun ada beberapa yang ia anggap cukup sulit.

“Ya susah banget sih ga, lumayan lah. Tapi paling yang susah itu matematika, aduh,” ujar Afni ketika ditemui poskotanews.com pada Kamis (26/4/2018) di Jalan Anggrek Garuda, Jakarta Barat.


Selain matematika, perempuan ini juga menilai soal UNBK untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) juga cukup sulit karena ada beberapa soal yang berbeda dari kisi-kisi yang ada. Kedua temannya pun mengatakan hal serupa, kalau soal matematika memang yang dianggap paling sulit. Namun untuk soal lainnya, keduanya enggan berkomentar.

Wakil Kurikulum SMPN 88 Jakarta Panca Hardjana mengatakan hal yang wajar jika para siswa ada yang merasa kesulitan dan mengeluh. Namun menurutnya, bukan berarti semuanya tidak bisa mengerjakan soal-soal UNBK.

“Wajar ya untuk anak-anak, ada yang merasa susah, ada juga yang ga. Paling ya mereka ngeluh di matematika kalau lainnya sih ga ya,” terang Panca.

Ia menambahkan, untuk soal-soal UNBK sendiri tidak melenceng dari kisi-kisi. Tidak seperti soal UNBK SMA yang dinilai melenceng dari kisi-kisi sehingga banyak diributkan para siswa yang mengikuti UNBK tersebut.

Sebelumnya jagat dunia maya sempat diramaikan oleh cuitan para siswa SMA yang telah mengikuti UNBK. Mereka mengeluh soal-soal UNBK tersebut sulit karena mereka menilai soal tersebut melenceng dari kisi-kisi yang ada.

Sumber   : poskota 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.