Header Ads

Akan Dibangun Setinggi 24 Meter, Tugu Raja Sangnauluh di depan Ramayana, Tapi ....


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Pemko Pematangsiantar mengadakan pertemuan dengan organisasi suku Simalungun dalam hal pembangunan Tugu Raja Sangnauluh di Sekretariat I Huta Bolon Damanik, Jalan Pematang, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu (16/5/2018).

Musyawarah tersebut menghasilkan lokasi pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh berada di depan pusat perbelanjaan Ramayana atau tepat di depan makam Pahlawan yang terletak di Jalan Sangnaualuh.

BACA JUGA  Tugu Raja Siantar, Adiaksa : Organisasi Simalungun Belum Satu Suara

lokasi akan Dibangunnya Tugu Raja Sangnaualuh Damanik.
Ketua I Hutan Bolon Damanik, Panner Damanik kepada wartawan mengatakan, tugu setinggi 24 meter tersebut disepakati dibangun di Jalan Sangnaualuh, persisnya di depan Ramayana.

Hanya saja, lokasi pembangunan Tugu belum final karena masih menunggu persetujuan dari para ahli waris untuk proses pembangunan.

"Belum bisa kita pastikan. Kami sudah sepakat kembali ke tempat awal (depan Ramayana). Tinggal menunggu persetujuan dari ahli waris. Kalau oke kata ahli waris, langsung jalan,"ujarnya.

Untuk peletakan batu pertama, kata Panner, tidak perlu lagi karena sudah dilakukan beberapa tahun lalu.

Panner berharap, Pemko Siantar serius untuk melanjutkan hasil musyawarah tersebut.

"Dulu, Pemko sudah mengeluarkan izin di Lapangan Merdeka. Tapi tak dibangun-bangun, itu zamannya almarhum Hulman,"katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemko Siantar, Budi Utari Siregar mengharapkan, tidak ada lagi perselisihan pendapat antara Pemko dengan organisasi Suku Simalungun terkait pembangunan tugu.

Budi memastikan, tugu tersebut akan dibangun tahun ini.

"Kita sepekati asal tidak ada lagi perbedaan pendapat lagi. Saya pastikan tahun ini dibangun,"katanya penuh yakin

Terpisah, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Pemko Siantar, Adiaksa Purba menilai, tugu tersebut akan dibangun secara bertahap.

"Anggaran sudah ditampung, Rp 3 miliar. Kalau tahun ini, tidak akan selesai itu. Tahun ini masih pondasi. Tahun depan patungnya. Secara bertahap kita kerjakan. Kita upayakan selesai di 2019,"rincinya.

Dalam dua minggu ke depan, ujar Adiaksa, proses tender pembangunan akan dilakukan.

"Dua minggu ini proses tender dibuka. Kita desain ulang. Gambar awal sudah kita tentukan. Bangunannya vertikal ke atas,"ucapnya.


Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.