Header Ads

Pengunjung Perpustakaan Umum Sintong Bingei Semakin Meningkat, Ini Kata Pelajar Simalungun


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Minat baca diperpustakaan Sintong Bingei atau perpustakaan umum kota Pematangsiantar terus meningkat.

Perpustakaan umum yang disumbangkan keluarga besar Bingei Purba Siboro pemilik perusahaan PT. STTC, dan  diresmikan pada 30 April 1992 oleh Gubernur Sumatera Utara  Raja Inal Siregar, kini semakin diminati masyarakat, khususnya para pelajar dan Mahasiswa.

"Kini perpustakaan umum kota Pematangsiantar semakin diminati masyarakat, dan setiap harinya banyak pelajar yang membaca dan meminjam buku, apalagi hari Sabtu, pengunjung sangat banyak,"kata  Dra. Neslianita Sinaga kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Pematangsiantar kepada lintaspublik.com, Kamis ( 24/5/2018).

BACA JUGA  Siantar adakan Koordinasi Pengembangan Perpustakaan, Jojor Sitorus : Sekolah Wajib Memajukan Perpustakaan

Pelajar sedanh membaca diperpustakaan kota Pematangsiantar.
Menurut Nesliana, besarnya minat baca belakangan ini dikarenakan tempat baca dan buku-buku koleksi di Perpustakaan terus bertambah, ditambah lagi sumbangsih dari masyarakat yang kiat banyak. Perpustakaan juga dilengkapi Wifi dan Hotspot internet.

"Ada beberapa perusahaan yang ada di Siantar yang menyumbangkan buku, sehingga membantu perpustakaan ini menambah koleksi buku. Kami harapkan banyak lagi masyarakat, khususnya perusahaan yang peduli terhadap perkembangan minat baca di Siantar,"ungkap Neslianita Sinaga, bahwa baru -baru ini pihak PLN dan Jasa Raharja menyumbangkan buku di Perpustakaan Siantar dalam rangka Hari Kartini.

BACA JUGA  UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN

Pelajar sangat santai membaca diatas sofa di perpustakaan Sintong Bingei kota Pematangsiantar.
Lagi-lagi Nesliana Sinaga menghimbau, masyarakat, guru, pemerhati pendidikan untuk terus mengkampanyekan pentingnya minat baca bagi masyarakat, terutama bagi pelajar.

"Kami terus berupaya meningkatkan minat baca, dan diperpustakaan umum Sintong Bingei milik kota Pematangsiantar ini buka setiap Senin sampai Sabtu, minat baca dikota Siantar bahkan diluar Siantar, seperti pelajar Simalungun tetap kita fasilitasi. Semua pelayanan kita diperpustakaan ini untuk meningkatkan kemajuan bangsa, semoga pengunjung senang dan nyaman,"jelasnya.

BACA JUGA  Tumbuhkan Minat Baca, Guru Jangan Kalah dengan Siswa, Ini Caranya .......

Pelajar SMA Negeri 1 Siantar kabupaten Simalungun terlihat menulis dan
 mengejarkan bahan pelajaran sekolah (PR)
Yessi Hutagaol dan Wika Sidabutar siswa SMA Negeri 1 Siantar Perumnas Batu VI jalan Asahan Kabupaten Simalungun ketika dimintai tangapannya mengenai Perpustakaan umum Sintong Bingei mengatakan, sangat nyaman membaca di Perpustakaan Sintong Bingei, dan buku-bukunya banyak dan lengkap.

"Nyamanlah baca disini, kami sering kesini untuk ambil bahan bacaan untuk menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR), dan lagi tempatnya bersih dan nyaman,"ungkapnya.

BACA JUGA  Elly Tjan: Program Sosial BI Kembangkan Minat Baca

Pegawai melayani pengunjung yang meminjam buku.
Ketika ditanya dari mana tahu ada perpustakaan umum di Siantar dan bukunya lengkap, Wika Sidabutar mengatakan, bahwa banyak kawan-kawan mereka (pelajar) yang juga datang keperpustakaan itu.

"Tahunya ada perpustakaan ini dulunya dari kawan, karena mereka kalau mengerjakan PR bahasannya selalu banyak (lengkap), ternyata mereka dapat bahan (buku) diperpustakaan ini,"tutur Wika yang tinggal dijalan Kenari Perumnas Batu anam ini.

BACA JUGA  Perpustakaan Siantar Masuk Penilaian perpustakaan Terbaik Tingkat Sumatera Utara

Prasasti Gubernur Sumatera Utara ketika meresmikan perpustakaan Sintong Bingei sumbangan dari
keluarga besar Bingei Purba Siboro pada 30 April 1992.
Pantauan lintaspublik.com, terlihat banyak pelajar dari SMP, SMA sampai perguruan Tinggi membaca dan mencari-cari buku yang akan dibaca, dan dibeberapa meja nampak para pelajar yang masih berpakaian sekolah sedang membaca.

Sementara para pegawai  sibuk memberikan pelayanan dipintu masuk dan menyusun dan membereskan  buku-buku yang baru saja dibaca pengunjung, ada juga pelajar terlihat sangat santai membaca disofa yang tersedia diperpustakaan itu.

Pelajar saat memasuki perpustakaan umun Sintong Bingei milik Pemerintah kota Pematangsiantar.

Penulis   : tagor
Editor     : tagor



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.