Header Ads

SMK Negeri 1 Raya Siapkan Lulusan Kreatif, Mampu bersaing Didunia Usaha dan Industri


LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN, Sebanyak 238 siswa SMK Negeri 1 Pematang Raya tahun ajaran 2017/2018 lulus 100 persen.

Hal ini dibernarkan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Raya Dra. Erlinda Saragih ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018) di jalan Rajamin Purba no. 31 Pematang Raya kabupaten Simalungun.

"238 siswa SMK Negeri 1 Pematang Raya semua lulus seratus persen, kita sudah programkan, bahwa siswa dari 6 jurusan harus siap bersaing, dan diharapkan siap kerja di pasar dunia usaha dan industri yang dibutuhkan saat ini,"kata Erlinda Saragih.

BACA JUGA  Bersatulah Membangun Simalungun, Demikian Harapan Masyarakat buat JR. Saragih

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Raya Dra. Erlinda Saragih 
Untuk meningkatkan mutu kelulusan sekolah SMK Negeri 1 Raya kebanggaan masyarakat Simalungun, khususnya masyarakat Pematang Raya, kepala sekolah Dra. Erlinda Saragih terus berupaya bekerjasama dengan intansi pemerintah,BUMN, maupun perusahaan swasta.

SMK Negeri 1 Raya sendiri menerapkan cara belajar, 70 persen peraktek, dan 30 persen teori.

"Ada beberapa perusahaan BUMN maupun swasta yang kami ajak kerjasama meningkatkan mutu keterampilan kerja, sesuai jurusan yang ada di sekolah ini. Sistem belajar 70 praktek, dan 30 teori," ungkapnya.

BACA JUGA  Lestarikan Budaya, Pemuda Simalungun Adakan Pentas Seni di Siantar



Sekolah Bersih, Inovatif dan Unggul

Dalam persaingannya SMK Negeri 1 Raya telah menerima revitalisasi sekolah dari kementerian Pendidikan dengan 125 sekolah SMK lainnya se-Indonesia di Solo.

Adapu hasil revitalisasi yang dilakukan adalah : meningkatkan kualitas cara mendidik siswa, peningkatan sarana prasarana, dan menyiapkan siswa diterima dunia usaha dan industri.

" Siswa lulusan SMK kita harapkan bukan hanya siap kerja saja, tapi ilmunya mampu membuka atau menerapkan didunia usaha atau wirausaha mandiri,"tutur Erlinda, agar siswa siap menerima perubahan proses cara belajar belajar meningkat capaian pendidikan jurusan yang dipelajarinya.

Dalam meningkatkan Disiplin siswa, kepala sekolah Erlinda Saragih yang telah bertugas sejak tahun 1990 di sekolah itu, meningkatkan sekolah yang berdisiplin, bersih, sekolah terapan, dan sekolah kreatif.

"Persaingan semakin banyak, jadi siswa SMK Negeri 1 Raya juga harus mampu bersaing didunia usaha, dan bukan itu saja keterampilan siswa terus ditingkatkan, baik kebersihan lingkungan, kebersihan siswa (pribadi). Siswa juga dibekali keterampilan lainnya, sehingga siswa dapat unggul dari yang lain, yaitu disiplin dan kreatif. Saya terapkan 2 K (Kebersihan dan Keindahan sekolah), ini wajib hukunya setiap hari Jumat," papar Erlinda Saragih, siswa juga dibekali kegiatan olahraga, seni maupun kebudayaan.

BACA JUGA  Rumah Purba Yang Kumuh, Sejarah Simalungun Semakin Tertinggal

Sekolah tampak hijau dan bersih
"Siswa disini harus menerapkan disiplin kerja, berkaraktek pekerja dan berwira usaha, itu yang sedang kami upayakan agar kelak siswa sesudah tamat dari SMK Negeri 1 Raya benar-benar siap pakai,"terangnya.

Informasi tang diterima lintaspublik.com, SMK Negeri 1 Raya memiliki 6 (enam) jurusan yaitu : Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pengelasan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Multi Media.


Menerima Siswa Baru

Tahun ajaran 2018/2019 SMK Negeri 1 Raya akan menerima siswa baru sebanyak 288 orang. Adapun ektra yang diterapkan dalam SMK Negeri 1 Raya adalah : Pramuka, Wushu, Bola Kaki dan Dihar (Silat Simalungun).


Dari 800 siswa , guru-guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Pematang Raya sebanyak 40 PNS, 28 Honor, 15 pegawai dan 4 pegawai Honor.

Kerjasama Meningkatkan Kualitas Siswa

Untuk meraih siswa di pasar kerja dan dunia industri, SMK negeri 1 Pematang Raya telah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan ternama diantaranya perusahaan PT. Telkom, Honda, Toyota, Taman Simalem Resor (TSR), Sofnet, dan beberapa BUMN di Sumatera Utara.

BACA JUGA  SI BORU HEONG, Sejarah Simalungun yang Terlupakan

Guru-guru SMK Negeri 1 Raya bersama kepala sekolah Dra Erlinda Saragih.
"Siswa harus benar-benar dapat bersaing, apalagi Informasi Teknologi terus berkembang, jadi siswa harus dibekali sejak dini (Disekolah), sehingga mampu mendapatkan keinginannya di dunia kerja maupun usaha, Itulah kenapa kami terus tingkatkan kerjasama dengan perusahaan BUMN maupun swasta,"tutup Erlinda Saragih, sambil memperlihatkan sekolah SMK Negeri 1 Raya yang Hijuau dan bersih.

Perlu diketahui, SMK Negeri 1 Raya adalah peralihan nama dari SMT Pertanian Negeri Pematang Raya. Operasional mulai tahun 1982 dan diresmikan tanggal 7 Januari 1983 oleh Mendikbud RI dengan SK Pendirian No. 0301/0/19982 tanggal 9 Oktober 1982.

SMK Negeri 1 Raya didirikan dengan latar belakang potensi lingkungan yang menunjang kegiatan operasional sekolah. yang dibangun di atas lahan yang cukup luas 50 hektar lebih, jadi dimungkinkan sekolah ini juga membuka jurusan dibidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi, karena sudah dikenal dan menjalin kerjasama (MoU) dengan Lembaga Pendidikan kejuruan bertaraf internasional dengan negara Thailand, yakni dengan Wimol Business Administrarion Technological College (Desember 2011) dibidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan dengan Lopburi college of Agriculture and Teknology, Thailand (April 2012) dibidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi.

Penulis : tagor
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.