Header Ads

Waisak di Petak Sembilan, Bunga Dewi Kwan Im Jadi Buruan Jemaah


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Umat Buddha bersembahyang untuk merayakan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 di Wihara Dharma Bakti, pada hari ini. Sebelum bersembahyang, umat Buddha terlihat membeli bunga untuk Dewi Kwan Im.

Mereka membeli bunga tersebut di depan Wihara Dharma Bakti. Penjual bunga, Edum menyebutkan setiap ikat bunga tersebut dijual sekitar Rp 20.000.

Penjual bunga di sekitar wihara Dharma Bakti, Glodok
"Satu ikat bunga ini untuk Dewi Kwan Im harganya Rp 20 ribu," ujar Edum di Wihara Dharma Bakti, Jalan Kemenangan III Petak Sembilan Nomor 13, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (29/5/2019).

Edum menyebutkan jenis bunga untuk Dewi Kwan Im yaitu aster, matahari, sedap malam, maghrib, teratai, antirin, dan pikok. Agar tetap segar, air di vas bunga tersebut harus diganti 2 kali sehari.

"Merawat bunga semua ini harus 2 kali ganti air setiap hari, kalau tidak layu," ujar Edum yang berjual bunga di depan Vihara Dharma Bakti sejak tahun 1980.

Penjual bunga di sekitar wihara Dharma Bakti, Glodok 
Warga asli Pandeglang ini mengaku belum bisa memastikan berapa keuntungan menjual bunga saat perayaan Waisak ini. Apalagi harga bunga juga naik.

"Keuntungan belum tahu karena tergantung. Nggak sampai Rp 1 juta lebih. Harga bunga kan juga naik," jelas Edum yang membeli bunga di pasar bunga di wilayah Rawa Belong, Jakarta Barat.

Menurut Edum, penjualan bunga tak seramai saat perayaan hari Imlek yang bisa meraih keuntungan cukup besar. Ia mengatakan perayaan waisak baru ramai saat malam hari.

"Kalau malam ramai ini, anak-anak muda pada datang," tutur Edum.

Pantauan di lokasi, umat Buddha berdatangan ke Wihara Dharma Bhakti untuk bersembahyang. Mereka terlihat datang bersama keluarga sambil membawa bunga dan dupa. Setelah bersembahyang, mereka juga memberikan sedekah bagi para pengemis yang sudah menunggu di depan Wihara ini.

Sumber   : detik 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.