Header Ads

Hutan di Desa Sibuntuon Tobasa Terbakar


LINTAS PUBLIK - BALIGE, Hutan di Desa Sibuntuon, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) terbakar, Rabu (13/6/2018). Dalam hitungan singkat, diperkirakan 5 hektare hutan terbakar. Diduga sumber api berasal dari lahan kebun milik masyarakat.

ilustrasi
"Kemungkinan asal api dari kebun masyarakat yang berdekatan dengan hutan. Kita sudah berupaya untuk memadamkan agar api tidak menjalar lebih luas," kata Kepala Desa Sibuntuon, Panguhalan Siahaan, di Desa Sibuntuon.

Dia mengatakan, luas hutan keseluruhan lebih dari 500 hektare memanjang hingga ke wilayah Taput. Upaya pemadaman dilakukan langsung oleh warga setempat sekaligus menjaga agar tidak menjalar lebih luas.

Kepala KPH-IV Balige, Leo A Sitorus membenarkan terbakarnya hutan di Desa Sibuntuon Balige. Atas peristiwa itu dikatakan dia, sangat menyesalkannya. "Kami sudah mendapat laporannya," katanya.

Ia mengakui hal serupa juga sedang terjadi di hutan di Sibisa Aek Natolu dan kini sedang pemadaman secara maksimal dari petugas kehutanan, termasuk dirinya ada di lokasi dan berpesan kepada masyarakat menghindari api di saat situasi suhu udara lebih tinggi seperti sekarang.

Sumber   : MB 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.