Header Ads

Pengurus Literasi Siantar Dibentuk, Tagor Sitohang, SH Ketua


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Literasi adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis.

Literasi juga lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.

Dengan pentingnya Literasi ini anak-anak muda di Siantar membentuk satu Forum Literasi yang dinamakan Forum Masyarakat Literasi Siantar (FMLS).


Anggota dari Letarasi kota Pematangsiantar ini terdiri dari penulis buku, Jurnalis, Akademisi, PNS, Wiraswasta, Mahasiswa dan Pelajar.

"Kita mendorong anak-anak muda yang mengembangkan bakatnya untuk menulis, semoga dengan adanya Forum Literasi Siantar ini banyak lagi pemuda, khususnya pelajar yang menuangkan bakatnya melalui tulisan," kata  Dra Neslianita Sinaga Kadis Perpustakaan dan Arsip di kantor Perpustakaan umum Sintong Bingei  jalan Merdeka Pematangsiantar, Kamis (28/62018).

Ditempat yang sama Herbet Aruan Spd. MH kepala bidang pengembangan minat baca kepada lintaspublik.com mengatakan, Semangat Literasi harus terus digalakan di kota Pematangsiantar. Diharapkan dengan adanya Forum Literasi Siantar banyak sastrawan yang tumbuh dari kota Siantar.

"Harapan kita dengan adanya Forum Literasi Indonesia, semakin banyak minat baca di Siantar, demikian juga kedepannya adanya Forum ini banyak penulis yang muncul. Doa kita akan ada sastrawan yang terkenal dari Siantar,"terangnya.


Tagor Sitohang, SH ketua terpilih Forum Masyarakat Literasi Siantar mengungkapkan, Sangat berterimaksih kepada seluruh peserta Literasi yang ada di kota Pematangsiantar yang mempercayakan dirinya sebagai ketua.

"Terimakasih untuk semua sahabat Literasi kota Pematangsiantar, semoga forum ini bermamfaat untuk orang banyak,"ujar Tagor Sitohang Pemred lintaspublik.com ini.

Tagor Sitohang yang akrab disapa Tagor Leo menambahkan akan menjaring penulis-penulis muda di kota Pematangsiantar, khususnya para pelajar.

"Kita akan berusaha mengali potensi penulis-penulis muda di Siantar khususnya pelajar, baik SD, SMP maupun SMA. Demikian juga Mahasiswa akan kita ajak mengali potensi jiwa menulisnya, dan tidak ketinggalan, kita akan mengunjungi setiap perpustakaan yang ada di kota Pematangsiantar agar minat baca dapat ditingkatkan,"terang Tagor Sitohang yang juga pengurus Group Anak Siantar (GAS).

Informasi yang diterima lintaspublik.com, Inilah kepengurusan Forum Literasi periode tahun 2018-2021 : Ketua Tagor Sitohang, Wakil ketua : Arnaldo Manalu, Sekretaris : Megawati Sitorus, Wakil Sekretaris : Fitri Lestari Simanjuntak, Bendahara : Pratiwi , Kordinator Pengembangan dan Pembinaan Minat Baca : Eduardo Sianturi, SPd, MPd, Anggota : Aveliota Lumbangaol, Nunung Pratiwi, Sulistianti, Melda Ayu Saragih, Nurhayati Sumanta Manullang.

Pengurus dilengkapi dengan Bidang Pembinaan dan Pengembangan Minat Tulis, kordinator : Cindi Oktaviani, Anggota : Ika Selvia Sitio, Putri Damanik, Ayu Ardila, Fadilah Hasti Harahap, Ade Prawidia, Diatama Sitohang. Bidang Pelatihan dan Pengembangan SDM : Kordinator : Irwan Pelita sidadolok, Anggota : Edi Sigalingging, Dian Agung Simanjuntak. Bidang Humas, Dokumentasi dan Publikasi : Kordinator : Kaleb Sitorus, Anggota : Agus Leo butar-butar, Eunike Sihombing.

Kepengurusan akan dilengkapi selanjutnya, dan beberapa pimpinan BUMN, Pengusaha di Siantar, dan para tokoh akan dimasukan dalam kepengurusan Literasi Siantar.

"Ada beberapa tokoh masyarakat nantinya yang kita masukan dalam kepengurusan ini, baik menjadi penasehat dan menjadi Dewan Pembina Forum Literasi Siantar. Kami juga mengajak kawan-kawan untuk bergabung di forum ini, Salam Literasi!!!,"ucap Tagor Sitohang.

Penulis   : franki
Editor     : tagor




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.