Header Ads

Bimbingan Teknis Arsip, Hefriansyah : Arsip Sangat Penting Bagi "Nadi" Pembangunan Siantar


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Saat pembukaan Bimbingan Teknis Arsip Dinamis di Pematangsiantar, Walikota Siantar Hefriansyah, SE, MM mengatakan, bahwa Arsip sangat penting bagi kehidupan, khususnya Arsip yang berhubungan dengan pemerintahan.

Dengan sangat dibutuhkannya Arsip sebagai dokumen penting, diminta bagi peserta Bimbingan Teknis Kearsipan se-kota Siantar untuk mengikutinya dengan baik dan serius.

BACA JUGA  3 Undang - undang Mengatur Perpustakaan, Dra Neslianita Sinaga : Mari Tingkatkan Inovasi Diperpustakaan

Walikota Siantar Hefriansyah, SE, MM bersama narasumber Majuni Susi Kasubdit Daerah IIA
Arsip Nasional Jakarta,   ,Sutiasni, S.AP, M.Hum sebagai Arsiparis Madya,
Dra. Neslianita Sinaga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pematangsiantar
"Kemarin ada intansi kita yang membuat saya kecewa, karena ketika saya minta salah satu dokumen, ternyata dokumennya tidak kelihatan. Ini kelemahan kita, jadi saya minta keseriusan kita semua (pegawai) untuk benar-benar mengikuti pelatihan bimbingan kearsipan ini, karena Arsip itu sangatlah penting,"ujar Walikota Siantar Hefriansyah saat membuka Bimbingan teknis Kearsipan di ruang Serba Guna Bappeda, Rabu (25/7/2018) pagi.

Masih kata Hefriansyah,  Arsip bukan hanya penting, Arsip juga salah satu "nadi" atau "darah" kehidupan berjalannya setiap pemerintahan, karena itu semua intansi dipemerintahan harus tahu dan paham akan Arsip dikantornya.

"Saya sangat apresiasi pelaksanaan bimbingan teknis kearsipan ini, semoga dengan kegiatan ini pegawai dapat menguasai dan memahami kearsipan diintansi masing-masing, mendorong program pembangunan di kota Siantar nantinya,"jelas Hefriansyah, agar seluruh peserta jangan ada yang meninggalkan kegiatan sebelum tuntas dan benar-benar menguasai ilmu kearsipan dari Bidang Kearsipan Nasional dari Jakarta.

BACA JUGA  Pengunjung Perpustakaan Umum Sintong Bingei Semakin Meningkat, Ini Kata Pelajar Simalungun

Peserta bimbingan teknis Arsip dinamis di kota Pematangsiantar.
"Mari simpan Arsip dengan baik, sehingga nantinya dapat mendorong pembangunan Siantar Mantab, Maju dan Jaya,"ungkap Hefriansyah dibarengi tepuk tangan ratusan peserta.

Dra. Neslianita Sinaga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pematangsiantar kepada lintaspublik.com mengatakan, tujuan bimbingan teknis Arsip dinamis adalah mengacu pada undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan peraturan dalam negeri nomor 78 tahun 2012 tentang Tata atau pengelolaan Kearsipan.

"Kita harapkan dengan adanya bimbingan teknis Arsip dinamis ini, pegawai yang berada disetiap intansi (OPD) dapat lebih terampil menata dan mengelola Arsip, baik ditingkat dinas, kecamatan sampai kelurahan,'kata Neslianita Sinaga.

Neslianita Sinaga juga menjelaskan, adapun peserta terdiri dari mewakili Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mewakili kecamatan dan mewakili setiap kelurahan di kota Pematangsiantar. kegiatan ini akan dilaksanakan 25 - 26 juli 2018.

Adapun pemateri (Narasumber) dalam kegiatan ini adalah Majuni Susi Kasubdit Daerah IIA Arsip Nasional Jakarta, dengan bahan materi "Manajemen Kearsipan" dan Sutiasni, S.AP, M.Hum sebagai Arsiparis Madya dengan materi "Pemberkasan Arsip".


Penulis   : tagor
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.