Header Ads

Harta Manusia Terkaya Dunia Setara APBN Indonesia


LINTAS PUBLIK, Jumlah kekayaan Bos Amazon Jeff Bezos saat ini membuatnya dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia sepanjang sejarah setelah disesuaikan dengan angka inflasi. Angka kekayaan Bezos melebihi milik Bill Gates yang ada di posisi kedua dengan jumlah harta US$ 50 miliar lebih banyak.

Kekayaan Bezos mencapai US$ 150 miliar atau mencapai 2.100 triliun (kurs Rp 14.000). Angka tersebut setara dengan belanja APBN Indonesia di tahun 2017 yang sebesar Rp 2.133 triliun atau Rp 100 triliun lebih sedikit dari belanja APBN 2018 yang sebesar Rp 2.200 triliun.

Foto: Dok. Amazon.com
Anggaran belanja sebesar Rp 2.100 triliun di Indonesia sendiri dipakai untuk melancarkan roda perekonomian 250 juta rakyat Indonesia. Belanja tersebut dialokasikan ke berbagai pos mulai dari belanja pemerintah pusat hingga transfer ke daerah dan dana desa. Dana tersebut dipakai untuk berbagai pos belanja seperti infrastruktur, pendidikan, hingga kesehatan dan dana desa.

Bezos sendiri telah menjadi orang terkaya di dunia sejak setahun yang lalu. Kemudian pada bulan Januari, ia menjadi orang terkaya di era modern setelah kekayaannya mencapai US$ 104 miliar, melampaui kekayaan tertinggi Bill Gates tepat di atas US$ 100 miliar pada tahun 1999.

Jumlah kekayaan Gates senilai US$ 100 miliar pada tahun 1999 akan bernilai sekitar US$ 149 miliar dalam dolar hari ini. Hal ini membuat Bezos secara resmi melewati jumlah kekayaan Bill Gates yang disesuaikan dengan inflasi.

Kekayaan Bezos telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama dua tahun terakhir disebabkan harga saham Amazon yang melambung tinggi. Pada Senin, saham Amazon mencapai tertinggi sepanjang masa intraday dari US$ 1.841,95, dan kapitalisasi pasar perusahaan sekarang mencapai US$ 890 miliar.

Sumber   : detik 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.