Header Ads

LSI : Mengerucut Lima Nama Cawapres Jokowi


+LINTAS PUBLIK - JAKARTA,  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei bahwa calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo pada Pilpres 2019 mulai mengerucut menjadi lima nama.

Kelima nama tersebut yakni, Airlangga Hartarto, Tito Karnavian, Sri Mulyani, Mahfud MD dan Moeldoko.

Peneliti LSI Adjie Al Faraby
“Hasil expert judgment menunjukan bahwa cawapres Jokowi mengerucut pada 5 (lima) nama agar pemerintahan Jokowi jika terpilih kembali nantinya bisa menjadi pemerintahan yang lebih kuat,” kata peneliti LSI Adjie Al Faraby, di kantor LSI Jl. Pemuda, Jaktim, Selasa (10/7/2018).

Kelima nama tersebut, kata Adjie, tidak dirangking, karena punya peluang yang sama dan mewakili spektrum yang berbeda.

Adjie mengurikn, jika Pilpres dilaksanakan pada saat survei dilaksanakan, maka elektabilitas Jokowi mencapai 49.30 %. Posisi elektabilitas Jokowi naik jika dibandingkan dengan survei yang sama oleh LSI pada Mei 2018 (sebelum Pilkada).

Saat itu, elektabilitas Jokowi sebesar 46.0 %. Meski Jokowi masih teratas dan mengalami tren kenaikan, namun penting dicatat bahwa elektabilitas Jokowi masih dibawah 50%.

“Sebagai petahana, elektabilitas dibawah 50 % tentunya bukanlah posisi yang aman. Karena artinya banyak pemilih yang masih memilih capres lainnya dan sebagian masih belum menentukan pilihan,” kata Adjie.

Survei ini dilakukan pada 28 Juni – 5 Juli 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %.

“Survei dilaksanakan di 33 propinsi di Indonesia. Kami juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode expert judgment, analisis media, FGD, dan in depth interview,” jelasnya.

Sumber   ; poskota 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.