Header Ads

Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon Ditampilkan di Asian Games


LINTAS PUBLIK - PARAPAT, Sanggar Simalungun yang dipimpin Triadil Saragih akan menampilkan Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon di salah satu pertandingan cabang olahraga Asian Games di Jakarta, yang akan dibuka 18 Agustus mendatang.

Triadil Saragih mengatakan, penampilan Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon dilakukan disela-sela pertandingan cabang olahraga, sebagai bentuk untuk memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya budaya Simalungun kepada peserta Asian Games.

Tarian Simalungun dalam acara puncak HUT kota Pematang
Siantar, Sabtu (25/4/2015)/Dok. Lintas Publik
“Budaya berbagai suku di Indonesia adalah kekayaan yang harus selalu dilindungi dan dilestarikan. Budaya, termasuk tarian Tor-tor Sombah perlu diperkenalkan untuk memberikan gambaran kepada peserta Asian Games, bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya,”kata Triadil Saragih.

Triadil berharap, pagelaran Asian Games di Indonesia berjalan dengan aman dan lancar dan Indonesia dapat meraih prestasi terbaik.

“Kita berdoa untuk pelaksanaan Asian Games. Ini adalah suatu kebanggaan buat Indonesia menjadi tuan rumah di Asian Games 2018, mari sama-sama mendukung semoga setiap acara bisa berjalan dengan lancar,”katanya.

Sambut Api Obor Asean Games, Parapat Bersih-bersih

Menyambut kedatangan api obor Asean Games beserta rombongan pada tanggal 31 Juli yang akan datang, Uspika Kecamatan Girsang Sipangan Bolon bersama seluruh elemen masyarakat mengadakan aksi bersih-bersih, Jumat(27/7/2018).

Sebelum aksi bersih dimulai Kapolsek Parapat AKP Raymond Hutagalung memimpin langsung apel bersama di Lapangan Pantai Bebas. Dalam arahannya Raymond menerangkan bahwa aksi bersih ini sebagai bentuk dukungan atas terpilihnya Kota Parapat sebagai salah satu kota persinggahan api abadi Asean Games.

“Kita beruntung turut menjadi bagian dari perhelatan terbesar di Asia ini, kita buktikan bahwa Parapat aman dan nyaman untuk dikunjungi,” ujar Raymond.

Tak ketinggalan seluruh warga yang tinggal di pinggiran jalan sepanjang Jalinsum mulai dari Desa Sibaganding hingga Desa Sipangan Bolon Mekar dan jalan ring road Kota Parapat turut diimbau untuk ikut berpartisipasi. Petugas Polsek Parapat dengan menggunakan mobil bergerak keliling kota Parapat sambil menggunakan pengeras suara mengimbau warga agar turut berpartisipasi.

“Minimal masyarakat itu ikut membersihkan lingkungannya sendiri, dan secara serentak kita bergerak dan bekerja bersama,” imbuh Raymond.

Sebanyak 11 titik menjadi fokus utama kegiatan bersih bersih ini. Sehari sebelum aksi bersih-bersih ini dilakukan telah diadakan rapat koordinasi membahas kegiatan ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kepolisian, diagendakan api obor Asean Games akan bermalam di Parapat tepatnya di Pasanggrahan Bung Karno. Keesokan harinya api obor akan diarak bergerak melewati rute yang telah ditentukan. Mulai dari Pasanggrahan Bung Karno, api obor akan diarak menuju Hotel Atsari, lalu dibawa naik kapal di Danau Toba. Selanjutnya akan naik ke Hotel Patrajasa untuk diarak kembali menuju Tugu Siliwangi dan akan berakhir di Pantai bebas Parapat.

“Acara lainnya juga yang tak kalah penting diadakannya layanan SIM Keliling dan Senam Massal yang melibatkan peserta sebanyak 2000 orang,” pungkas Raymond.

Sekretaris KNPI Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Martua Hutapea yang turut ikut dalam aksi bersih ini merasa bangga bisa ikut berpatisipasi. Bagi Martua, kehadiran seluruh elemen kepemudaan dalam aksi ini merupakan bentuk dukungan kepada Uspika dalam mempersiapkan penyambutan api obor Asean Games.

“Kita bangga karena organisasi kepemudaan seperti KNPI, IPK, PP dan yang lainnya ikut dilibatkan dalam penyambutan api obor Asean Games ini. Kita berharap semua rombongan bisa menikmati keindahan Kota Parapat dan Danau Toba,” kata Martua.

Sumber  : metr

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.