Header Ads

Tragedi KM Lestari Maju Tenggelam di Selayar


LINTAS PUBLIK, KM Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kapal tujuan Pamatata itu mengalami bocor di bagian lambungnya.

Dirangkum media, Rabu (4/7/2018), kapal yang dinakhodai Agus Susanto, membawa 139 penumpang. Nakhoda mengandaskan kapal sekitar 300 meter dari Pantai Pa'badilang. Saat kejadian, cuaca di lokasi perairan sedang tidak bersahabat.

"Diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

BACA JUGA  Kemenhub: Kapal Feri Lestari Maju Sengaja Dikandaskan, Bukan Tenggelam


Polisi menyebut 12 penumpang KM Lestari Maju meninggal dunia. Korban tewas diduga tidak menggunakan life jacket.

"Update terbaru saat ini ada sebanyak 12 orang penumpang kapal dinyatakan meninggal dunia. Satu di antaranya merupakan seorang bayi," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani, saat dikonfirmasi terpisah.

Berdasarkan data manifes, KM Lestari Maju mengangkut 18 motor, 14 mobil, 8 kendaraan golongan V, dan 8 kendaraan golongan VI. Total ada 139 penumpang dalam kapal.

Hingga tadi malam, tim gabungan melakukan pencarian terhadap korban. Bahkan TNI AL mengerahkan kapal perang untuk mencari korban kapal nahas itu.

Tim SAR Lantamal VI mengerahkan sejumlah KRI yang terdiri dari KRI Madidihang-855 (bantuan dari Koarmada II), KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider, serta dua tim Marinir. Tim SAR berangkat dari Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

"Setelah menerima informasi dari pemerintahan setempat tentang adanya kejadian kecelakaan tenggelamnya KMP Lestari Maju di sekitar wilayah perairan Kabupaten Selayar, Sulsel, kami sesegera mungkin mengirimkan beberapa unsur di jajaran Lantamal VI," kata Danlantamal VI Laksma Dwi Sulasono dalam keterangannya.

Berikut data korban meninggal dunia KM Lestari Maju yang diperoleh dari Polda Sulsel:

1. H Abd Rasyid (60)
2. Andi Junaeda (50)
3. Siti Saerah (50)
4. Identitas tidak diketahui (perempuan sekitar 70 tahun)
5. Rosmiati (40)
6. Rajmaeni alias Ati Raja (50)
7. Denniamang (60)
8. Hj Sakinah
9. Anak laki-laki umur 2 tahun, identitas belum diketahui
10. Anak perempuan umur 3 tahun, identitas belum diketahui
11. Laki-laki, identitas belum diketahui
12. Nini Nurianti (30).

Sumber : det

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.