Header Ads

Wawako Siantar Togar Sitorus Berangkatkan 135 Calon Jemaah Haji, Salah Satunya Walikota Hefriansyah


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, 135 Calon Jemaah Haji dan Hajjah diberangkatkan Wakil Walikota (Wawako) Pematangsiantar, Togar Sitorus SE MM.

Diantara calon jemaah terdapat Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah, SE MM untuk menunaikan ibadah haji.

Pemberangkatan ini berlangsung di Balai Kota, Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, Senin (30/7/2018) dan berjalan lancar serta hikmad.

BACA JUGA  Hadiri Samosir Music International 25 Agustus 2018 di Tuk Tuk Siadong Samosir


Saat pemberangkatan itu, ribuan warga yang merupakan keluarga dari masing-masing calon jamaah haji dan hajjah ikut berdoa agar semua rangkaian ibadah ini berjalan dengan baik dan menjadi amal.

Wakil Walikota Togar Sitorus berpesan kepada Walikota dan seluruh rombongan agar melaksanakan ibadah dengan membulatkan tekad serta meluruskan niat dari awal keberangkatan hingga kepulangan. Ia juga menambahkan agar dari pemberangkatan hingga berada di tanah suci serta nanti kembali ke Kota Pematangsiantar tetap menjaga kekompakan dan persaudaraan sesama jamaah haji.

Pada kesempatan yang sama, kepada seluruh calon jamaah haji dan hajjah disarankan agar tetap menjaga kesehatan fisik sehingga tidak mengganggu kelancaran seluruh rangkaian ibadah di Tanah Suci. Tidak kalah penting adalah agar seluruh rombongan menjadi duta bangsa yang mengharumkan nama baik Kota Pematangsiantar.

“Jaga etika dan sikap yang baik sebagai tamu di tanah Suci. Bersihkan diri, bersihkan hati dan jaga kebersihan lingkungan pemondokan di tanah suci dan sampaikan kepada keluarga di tanah air agar menjaga kebersihan,” katanya.

Secara khusus Togar Sitorus berharap agar jamaah haji dan hajjaah menjadi cerminan dan panutan yang baik bagi keluarga dan lingkungannya, dan sepulang dari tanah suci menjadi haji yang berkualitas yaitu haji dan hajjah yang memelihara ketaatan kepada Tuhannya dan menjaga hubungan harmonis di lingkungan sosial. Pada kesempatan itu, ia memohon doa agar Kota Pematangsiantar mampu melakukan percepatan-percepatan pembangunan.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Drs H Abdur Rahman Harahap, MA melaporkan, sebanyak 135 calon jemaah Haji dan Hajjah kota Pematangsiantar diberangkatkan untuk menunaikan rukun Islam ke lima ibadah Haji tergabung dalam kloter 9.

“Calon jamaah haji dan hajjah ini terdiri dari laki-laki 53 dan perempuan sebanyak 82 orang, dari 135 orang tersebut terdapat calon jemaah haji tertua atas nama Sukarsijon bin Sukandar usia 76 tahun 4 bulan, dan yang tertua perempuan atas nama Siti Natiur Siregar binti Saleh Siregar usia 75 tahun 8 bulan,” ujarnya.

Calon jamaah haji termuda yaitu Fairuza Uchrowi Nasution bin Agus Sahiri Nasution usia 18 tahun 4 bulan serta yang termuda perempuan atas nama Cut Rizlani Kholibrian binti T.Thaifur Alhamdany usia 38 tahun 6 bulan.

BACA JUGA  Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon Ditampilkan di Asian Games



Berdasarkan penetapan dari PPIH embarkasi Medan, 135 orang calon jamaah haji/hajjah Kota Pematangsiantar tergabung dalam kloter 9 (gelombang II).

Rombongan calon haji dan hajjah dari Kota Pematangsiantar berangkat dengan daerah lain yaitu Kabupaten Simalungun sebanyak 179 orang, Kabupaten Asahan sebanyak 42 orang, Kota Medan sebanyak 32 orang, dan petugas kloter sebanyak 5 orang jadi keseluruhan jumlah di kloter 9 sebanyak 393 orang.

“Kloter 9 akan masuk ke asrama haji emberkasi Medan pada hari ini (Senin, tanggal 30 Juli 2018), dan akan terbang dari tanah air pada hari besok (Selasa, tanggal 31 Juli 2018) pukul 09.00 Wib dari bandara Internasional Kualanamu dan dijadwalkan tiba di bandara Internasional King Abdul Aziz Jaddah pada hari itu juga pukul 13.30 Was.

Selain itu, Drs H Abdur Rahman Harahap, M.A, juga melaporkan bahwa jumlah waiting list (daftar Tunggu) calon jamaah Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar per tanggal 13 Juli 2018 adalah 1.883 orang, berarti yang menunggu sampai dengan tahun 2032 (lebih kurang 14 tahun).

Penulis : franki
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.