Header Ads

Bimtek Perpustakan, Ferlin Nainggolan, SH : Siantar Harus Dipertahankan Sebagai Kota Pendidikan


LINTAS PUBLIK - SIANTAR,  Meningkatkan kemampuan siswa untuk menimbah ilmu pengetahuan harus banyak membaca, dan semua ilmu itu ada diperpustakaan. Hanya saja untuk meningkatkan minat baca harus ada kerjasama antara pemimpin sekolah dengan pengelola perpustakaan, terlebih kepala daerah.

BACA JUGA  75 Pustakawan Sekolah Bimtek Perpustakaan, Drs.Renus Siboro : Di Internet Banyak Informasi Hoax

Peserta bersama Ferlin Nainggolan SH, Kadis Perpustakaan dan Arsip Propinsi sumut, Dra. Neslianita Kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar , Herbet Aruan Spd. MH Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar.





Hal ini disampaikan  Ferlin Nainggolan,SH Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sumatera Utara, saat acara penutupan Bimbinagn Teknis (Bimtek) pembekalan pengelolaan perpustakaan SD dan SLTP di kota Pematangsiantar, Rabu ( 29/ 8/ 2018).

Ferlin Nainggolan juga menyampaikan, kejayaan kota Siantar sebagai kota Pendidikan harus tetap dipertahankan, semua tergantung para pemangku "kekuasaan".

BACA JUGA  Perpustakaan Umum Sintong Bingei kota Siantar Semakin Diminati, Ada Permainan Edukasi Anak

Ferlin Nainggolan,SH Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sumatera Utara (tengah) memberikan secara simbolis sertifikat kepada peserta Bimtek pengelolaan perpustakaan tingkat SD dan SLTP di Siantar.
"Saya mendorong kota Siantar tetap dijuluki kota pendidikan, karena memang Siantar gudangnya para tokoh Nasional, Dulu Siantar terkenal dengan tokoh Adam Malik sebagai wakil presiden, kalau boleh ada lagi dari Siantar tokoh "sekelas" Adam Malik,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu Ferlin Nainggolan juga menjelaskan, bahwa propinsi Sumatera Utara sebagai propinsi Literasi, jadi kita harapkan minat baca dipropinsi Sumatera Utara harus terus meningkat. Diharapkan guru jangan kalah dengan siswanya, karena menjamurnya digitalisasi dan internet.

BACA JUGA  Perpustakaan Umum Sintong Bingei kota Siantar Semakin Diminati, Ada Permainan Edukasi Anak

Semangat para peserta seusai Bimtek pengelolaan perpustakaan.
"Sumatera Utara sudah dicanangkan sebagai propinsi Literasi, mari kita bergandengan tangan untuk mendukungnya, saya bangga guru-guru yang turut dalam Bimtek ini sangat serius, saya lihat beberapa hari saya ikuti tidak ada bangku yang kosong. 

Saya yakin kedepannya pengelolaan perpustakaan di Siantar akan semakin meningkat, dan tentunya dibarengi peningkatkan minat baca. Siantar memang konsisten membangkitkan minat baca, Hidup Siantar,"ungkap Ferlin, disambut tepuk tangan peserta.

"Guru juga harus paham internet, guru jangan mau kalah dengan siswanya. Media internet itu penting, tapi harus dibarengi membaca buku, agar wawasan siswa semakin berkembang,"terang Ferlin lagi.

Roma Pakpahan, SPd salah seorang peserta mengatakan banyak ilmu yang telah diserap selama 3 hari mengikuti Bimtek. 

"Selama ini banyak yang tidak kami lakukan bagaimana sebenarnya mengelolah perpustakaan, tapi karena bimtek ini kami dapat banyak pelajaran, semoga apa yang telah kami pelajari dipelatihan ini, dapat kami terapkan di kesekolah kami masing-masing,"kata Roma, mengharapkan agar Perpuskaan propinsi juga dapat membantu menambah koleksi buku disekolah-sekolah, yang saat ini masih sangat minim buku bacaan.

BACA JUGA  Pengurus Literasi Siantar Dibentuk, Tagor Sitohang, SH Ketua

Peserta memperlihatkan sertifikat Bimtek Pengelolaan Perpustakaan.
Informasi sebelumnya, 75 Pustakawan Sekolah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Perpustakaan di Hall Sapadia Hotel jalan Diponegoro Pematangsiantar 27 - 29 Agustus 2018.

Bimtek pengelolaan perpustakaan itu mengundang narasumber  Drs.Renus Siboro ,Msi dari Perpusnas RI Jakarta, Ferlin Nainggolan,SH dan Syafrizal, Erikson Pakpahan dari Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sumatera Utara.

Penulis   : tagor
Editor     : tagor



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.