Header Ads

DR OLGA : Mari Cegah Penyakit dan Jaga Kesehatan dengan Rutin Ikut Senam Prolanis


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Lahirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan tentunya telah membawa banyak manfaat positif bagi kesejahteraan sosial masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Dalam pelaksanaan Program JKN-KIS, salah satu program yang menarik adalah program Promotif – Preventif yaitu program Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang tentunya bermanfaat bagi peserta yang terdeteksi menderita penyakit Kronis ataupun untuk mencegah masyarakat mengidap penyakit kronis. Program ini dijalankan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Seperti di Puskesmas, Klinik atau Dokter Praktek Perorangan.


Ditemui disela-sela kegiatan senam Prolanis Puskesmas Parsoburan bertempat di Silampuyang Pool pada Selasa kemarin (07/08/2018), Dokter Olga Lumowah selaku Kepala Puskesmas Parsoburan Pematangsiantar sekaligus pembina klub senam Prolanis Puskesmas Parsoburan mengungkapkan bahwa para peserta JKN yang terdaftar di Puskesmas Parsoburan sangat antusias dengan adanya kegiatan senam Prolanis ini, khususnya bagi peserta yang pernah menderita penyakit kronis seperti Diabetes, Jantung dan Hipertensi ataupun peserta yang sengaja ikut untuk mengisi waktu luang dengan maksud agar terhindar ari penyakit kronis.

“Kita selalu membina dan mengakomodir apa saja yang dibutuhkan dari bapak/ibu peserta senam Klub Prolanis ini, agar tidak ada halangan untuk melaksanakan senam Prolanis secara rutin dan juga setelah senam biasanya kita mengadakan konsultasi ataupun sharing terkait masalah pencegahan penyakit kronis ataupun tentang bagaimana menerapkan gaya hidup sehat.
Kemudian yang perlu diketahui bahwa Klub Senam Prolanis Puskesmas Parsoburan selalu menjadi juara pertama 3 kali berturut – turut (2015-2017) Kompetisi senam antar klub Prolanis yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Olga.

Dokter Olga berharap kedepannya agar FKTP yang mengelola klub senam Prolanis ini agar terus semangat dalam mengelola senam Orolanis. Sehingga masyarakat akan semakin banyak yang antusias mengikuti senam Prolanis dan otomatis dapat menekan potensi jumlah penderita penyakit kronis sehingga kualitas hidup masyarakat meningkat secara optimal.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.