Header Ads

KPw BI Pematangsiantar Roadshow GNNT dan GPN di 3 Daerah


LINTAS PUBLIK, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar menyelenggarakan roadshow Kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Tahun 2018 di 3 Kabupaten/Kota yang berada di wilayah kerja Bank Indonesia Pematangsiantar, yaitu Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labuhanbatu.
Kegiatan tersebut berlangsung dari 31 Juli-3 Agustus 2018.

Roadshow kampanye GNNT dan GPN Tahun 2018 ditujukan kepada sekitar 900 siswa dan guru tingkat SMA yang berada 3 Kabupaten/Kota tersebut, yaitu SMA Swasta Sisingamangaraja Tanjungbalai, SMA Swasta Diponegoro Kisaran, SMA Negeri 1 Kisaran dan SMA Swasta Methodist Rantauprapat dengan tema “Millenial Pengguna Transaksi Non Tunai”.

Rangkaian kampanye GNNT dan GPN Tahun 2018 rencananya akan ditutup dengan Kampanye GPN kepada masyarakat luas yang akan dilaksanakan serentak di Kota Medan, Kota Pematangsiantar dan Kota Sibolga pada bulan Oktober 2018.

BACA JUGA  “Rupiah untuk Negeri”, Sinergi Bank Indonesia dan Bank BUMN Melayani Negeri


Kegiatan Roadshow kampanye GNNT dan GPN Tahun 2018 dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan transaksi non tunai serta pengetahuan mengenai Gerbang Pembayaran Nasional. Seluruh peserta roadshow kampanye GNNT dan GPN Tahun 2018 sangat antusias dalam mengikuti jalannya sosialisasi dan proses tanya jawab selama kegiatan berlangsung.

Kampanye GPN dan GNNT ditujukan kepada generasi milenial untuk memperkenalkan penggunaan transaksi non tunai dalam kehidupan sehari-hari. Generasi milenial secara umum lebih dekat dengan gadget dan teknologi sehingga memungkinkan penggunaan transaksi non tunai secara mudah dan berkelanjutan.

BACA JUGA  BI Pematangsiantar Sediakan Rp 2,5 Triliun Penukaran Uang Jelang Lebaran 2017


Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) telah dicanangkan secara nasional pada tanggal 14 Agustus 2014. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah melaksanakan Kampanye GNNT setiap tahunnya mulai tahun 2014 di Kota Pematangsiantar.

Penggunaan transaksi non tunai memiliki banyak manfaat antara lain praktis karena tidak perlu membawa banyak uang tunai, transparansi transaksi dalam membantu usaha pencegahan dan identifikasi kejahatan kriminal, meningkatkan akses masyarakat ke dalam sistem pembayaran dan menekan biaya pengelolaan uang rupiah dan cash handling.

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) telah diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama seluruh Bank Umum pada tanggal 14 Desember 2017. GPN memiliki tujuan untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran. Dengan interkoneksi dan interoperabilitas, GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.