Header Ads

Nyaris Bakar Rumah, 3 Titik Api Terpaksa Dipadamkan, Ini Lokasinya


LINTAS PUBLIK-RANTAUPRAPAT, Dalam satu hari Selasa (14/8/2018), terjadi kebakaran di tiga titik lahan kosong yang ditumbuhi ilalang di sepanjang jalan By Pass H.Adam Malik Rantauprapat, nyaris membakar rumah warga. Beruntung Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP dengan cepat turun dan berhasil memadamkan api, sehingga perumahan warga terhindar dari kebakaran.

Peristiwa pertama terjadi Gang Perintis Lima Jalan H.Adam Malik sekitar pukul 10.00 wib pagi hari. Disana lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan berdekatan dengan rumah masyarakat terbakar.

BACA JUGA  Dilalap Si Jago Merah, Panglong Kayu Rata Dengan Tanah

Terlihat para petugas Damkar Pemkab labuhanbatu ketika mengamankan lahan yang sedang terbakar.
Tiupan angin kencang dan suhu udara yang sangat panas dengan cepat mengobarkan api. Beruntung, dua unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api dengan cepat. Sehingga tidak menjalar ke perumahan warga.

"Lokasi lahan yang ditumbuhi lalang dengan cepat terbakar. Tambah lagi tiupan angin kencang dan udara yang sangat panas membuat api cepat berkobar. Beruntung kami cepat memadamkannya" ujar Kasi Operasional Damkar Pemkab Labuhanbatu Awaluddin SE.

Setelah itu, berkisar pukul 11.45 Wib, lahan kosong yang ditumbuhi ilalang di sebelah gudang penjualan barang bekas (botot) terbakar. Api yang berkobar juga nyaris menjalar ke perumahan warga yang berdekatan dengan lokasi.

Beruntung, tiga unit mobil pemadam kebakaran yang turun ke lokasi dengan cepat berhasil dipadamkan dan tidak sempat menjalar ke rumah warga.

Berselang satu jam, tepatnya pukul 13.00 wib , kembali terjadi peristiwa kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi ilalang di Gang Soekarno- Hatta dekat jembatan kembar. Namun api dengan cepat dipadamkan oleh dua unit mobil damkar yang diturunkan sehingga tidak menjalar ke gudang-gudang yang berada disana.

Dari tiga titik lokasi yang terbakar itu, api diduga berasal dari kegiatan pembakaran sampah yang dilakukan masyarakat.

Menyikapi peristiwa itu, Kasi Operasional Damkar Pemkab Labuhanbatu Awaluddin SE menghimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan, apalagi dalam situasi cuaca yang tidak bersahabat.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar sampah atau pun membuang puntung rokok sembarangan karena situasi alam saat ini sangat panas dan angin kencang yang dengan cepat membuat api membesar" himbaunya.


Penulis : tanjung
Editor :tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.