Header Ads

Perpustakaan Umum Sintong Bingei kota Siantar Semakin Diminati, Ada Permainan Edukasi Anak


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Pengunjung diperpustakaan umum Sintong Bingei kota Pematangsiantar terus meningkat.

Peningkatan pengunjung atau minat baca di Siantar karena fasilitas yang diberikan diperpustakaan ini setiap tahun semakin dilengkapi, sebelumnya tidak ada fasilitas internet kini internet mudah diakses bagi pengunjung, demikian juga permainan edukasi bagi anak.
BACA JUGA  Tumbuhkan Minat Baca, Guru Jangan Kalah dengan Siswa, Ini Caranya .......

Anak-anak PAUD Kota Siantar berkunjung ke Perpustakaan Pematangsiantar.
Demikian juga buku-buku yang disediakan semakin banyak. Menurut Dra. Neslianita Sinaga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Pematangsiantar  mengatakan, koleksi buku diperpustakaan itu saat ini mencapai 19.235 eksemplar, dengan 6.714 judul buku, ditambah buku-buku Arsip

"Buku-buku setiap tahun terus bertambah, dan pengunjung keperpustakaan sudah mencapai 9.417 pertahunnya. Kami targetkan tahun 2018 ini mencapai diatas 10.000 pengunjung,"ujar Neslianita Sinaga di kantor Kearsipan dan Perpustakaan kota Pematangsiantar kepada lintaspublik.com, Selasa (7/8/2018).

BACA JUGA  Siantar adakan Koordinasi Pengembangan Perpustakaan, Jojor Sitorus : Sekolah Wajib Memajukan Perpustakaan

Dra. Neslianita Sinaga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Pematangsiantar
Membutuhkan Buku-buku Baru

Untuk meningkatkan terus menerus kunjungan ke perpustakaan umum Sintong Bingei Siantar, pihak dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Pematangsiantar tetap mengalokasikan dana untuk pengadaan buku-buku terbaru.

Pada tahun 2017 pengadaan buku mencapai 1.781 eksemplar yaitu : buku Ilmu Pengetahuan Umum 452 judul dengan jumlah 1.256 eksemplar, dan buku Ilmu Pengetahuan sosial 694 judul dengan jumlah 1.781 eksemplar.

"Kita terus melengkapi buku-buku terbaru, khususnya yang "Bestseller", sehingga pengunjung tidak kecewa,"jelas Neslianita Sinaga, bahwa Novel dan buku-buku anak (komik) sangat diminati dan jumlahnya perlu ditingkatkan.

Kendala Pelayanan

Ditempat yang sama Nelly Theresia Siahaan, SE, M.Si Kabid Pengolaan, layanan dan pelestarian bahan Pustakan di perpustakaan kota Pematangsiantar mengungkapkan,  untuk meningkatkan pelayanan yang prima dan terus berkesinambungan dibutuhkan waktu yang cukup dan anggaran yang memadai.

"Setiap Sabtu pengunjung semakin banyak mencapai 100 pengunjung, jadi dibutuhkan waktu yang panjang karena tempat yang juga terbatas. Karena kami buka pada pukul 8 pagi sampai 4 sore saja. jadi sangat dibutuhkan perpanjangan waktu hingga pukul 8 malam sesuai permintaan masyarakat yang berkunjung, tapi karena anggaran tidak cukup  terpaksa kami menutup sore hari pukul 4,"jelasnya.

Nelly lebih jauh menjelaskan, kenapa Sabtu banyak pengunjungnya, karena pada saat itu banyak orang tua yang membawa anaknya, dan bahkan banyak masyarakat yang meluangkan waktu untuk berkunjung ke perpustakaan.

"Banyak juga orang tua yang mengusulkan agar waktu diperpanjang sampai jam 8 malam, karena mereka (orang tua) bisa membawa (menemani) anak-anaknya keperpustakaan saat pulang kerja sore hari,"kata Nelly yang saat ini terus menginput buku-buku dari sitem manual ke inlislite (komputerisasi/internet) agar buku mudah didata dan ditemukan.

Jadwal Buka dan Keanggotaan


Alberico Natama Seorang anak TK. Cinta Rakyat memilih buku di perpustakaan kota Pematangsiantar.
Neslianita Sinaga sebagai kepala dinas Perpustakaan umum Sintong Bingei kota Pematangsiantar terus berupaya bagaimana membuat masyarakat merasa nyaman dan aman berkunjung keperpustakaan;

 Untuk saat ini Perpustakaan kota Pematangsiantar Buka :
  • Senin - Jumat Pukul 08:00 - 16:00 Wib
  • Sabtu Pukul 09 : 00 - 16:00 Wib
Menurut data base perpustakaan Pematangsiantar anggota tetap perpustakaan saat ini mencapai 2.056 dan tidak tetap mencapai 5000 orang, termasuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, sementara buku dipinjamkan pertahunnya mencapai 5.000 buku.

"Semua pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum berhak meminjam buku, dan menjadi anggota perpustakaan Sintong Bingei,"jelas Neslianita Sinaga.

Melengkapi Mainan Edukatif


Seorang anak bermain diatas huruf-huruf dan gambar (Permainan Edukasi)
di Perpustakaan kota Pematangsiantar.

Untuk terus melengkapi pelayanan kepada masyarakat menuju "Siantar Mantab, Maju dan Jaya" perpustakaan umum Sintong Bingei juga melengkapi permainan anak berupa permainan edukatif disalah satu ruangan ramah anak.

"Ada permainan anak kita lengkapi, berupa permainan edukatif (Pendidikan), dan kita masih membutuhkan banyak permainan edukatif ini, sehingga bukan saja orang tua dan orang dewasa yang berkunjung ke perpustakaan ini, tapi kami persilakan bawa anak-anak untuk belajar dan bermain,"ujarnya.

Pelayanan Langsung dan Perpustakaan Keliling


Perpustakaan keliling berupa mobil milik Perpustakaan kota Pematangsiantar.
Pihak perpustakaan umum Sintong Bingei juga tidak menunggu "bola" melayani pembaca atau pengunjung untuk meningkatkan minat baca, pihak perpustakaan juga melayani masyarakat (pembaca) ke sekolah-sekolah, dan ke daerah-daerah yang tidak terjangkau perpustakaan.

Kepala bidang pengembangan minat  baca perpustakaan umum Sintong Bingei kota Pematangsiantar Herbet Aruan Spd. MHmenjelaskan, untuk meningkatkan minat baca di kota Pematangsiantar dibutuhkan kerjasama bagi semua intansi, masyarakat dan tokoh-tokoh pendidikan kota Pematangsiantar.

"Kami terus meningkatkan kerjasama kepada semua intansi, baik intansi pemerintah, swasta, dan juga para tokoh yang peduli pendidikan khususnya mendorong peningkatan minat baca di Siantar,"jelas Herbet.

Herbet Aruan lebih jauh mengatakan, untuk menjangkau wilayah Pematangsiantar yang cukup luas perpustakaan keliling kota Pematangsiantar masih sangat-sangat terbatas sekali, dibutuhkan kendaraan 6 mobil perpustakaan keliling dan 10 kendaraan roda dua yang dimodifikasi tempat buku.

"Kami tetap mengadakan perpustakaan keliling, langsung kesekola-sekolah, maupun rumah-rumah warga, ini kami laukan agar minat baca di Siantar terus meningkat. Lagi-lagi kami terkendala operasional dan mobil perpustakaan keliling,"jelas Aruan, bahwa perpustakaan keliling sangat efektif menumbuhkan minat baca karena langsung hadir ditengah-tengah masyarakat.

Bangga Kepedulian Keluarga Besar Alm. Sintong Bingei

Prasasti Gubernur Sumatera Utara ketika meresmikan perpustakaan Sintong Bingei sumbangan dari
keluarga besar Bingei Purba Siboro pada 30 April 1992.
Kata Herbet lagi, kita sebagai masyarakat Siantar juga bangga kepada keluarga besar Alm.Sintong Bingei yang mau peduli terhadap "Literasi" atau minat baca di kota Pematangsiantar.

"Kita doakan agar PT. STTC terus berjaya, sehingga pertumbuhan dan kepedulian minat baca di Siantar semakin baik kedepannya, kita doakan pimpinan PT. STTC bapak Edwin Bingei Purba Siboro dapat terus sehat, karena beliau peduli terhadap kemajuan pendidikan kota siantar, khsususnya Perpustakaan,'ungkap Herbet.

Seperti diketahui, Perpustakaan umum Sintong Bingei kota Pematangsiantar  disumbangkan keluarga besar Bingei Purba Siboro pemilik perusahaan PT. STTC yang diresmikan pada 30 April 1992 dan Gubernur Sumatera Utara  Raja Inal Siregar.


Penulis   : tagor
Editor     : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.