Header Ads

Plt Bupati : KIM Revitalisasi dan Reaktualisasi Kelompencapir


LINTAS PUBLIK-RANTAUPRAPAT, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan Good Governance.

Hal tersebut dikatakan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam pidato tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, Senin (27/8) pagi pada acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pengenalan TIK dan Pembuatan BLOG Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018 yang berlangsung di Aula Diklat BKPP Labuhanbatu.

 Kadis Kominfo Informatika H Muhammad Ihsan Harahap, ST menyematkan tanda peserta Pelatihan Pengenalan TIK dan Pembuatan BLOG Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018.
Menurut Ihsan, KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi serta penyerapan aspirasi masyarakat.

“Kita sadari bersama, Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari segala aspek kehidupan kita sehari-hari. Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mempermudah penyebarluasan informasi di segala bidang, salah satu diantaranya adalah aplikasi WEB yang berbentuk Blog,” katanya.

Blog sambung Ihsan, adalah salah satu sarana media publikasi untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi pribadi maupun kelompok. Juga dapat memperluas teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar dan dapat digunakan untuk sarana berbisnis.

"Dengan pelatihan pengenalan TIK dan pembuatan Blog ini diharapkan kepada Kelompok Informasi Masyarakat agar dapat membangun informasi di komunitas antara KIM dengan Pemerintah" ujarnya.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan yang diwakili Abdur Rahman Harahap dalam sambutannya mengatakan, agar penggunaan TIK dapat memperoleh manfaat yang tepat serta terhindar dari dampak negatif, diperlukan kebijakan dan upaya pengawasan terhadap anak-anak dalam memanfaatkan internet, agar mereka mampu menggunakan internet secara benar dan efektif.

Karena itulah untuk kepentingan perlindungan anak-anak, keluarga kita, diharapkan para orang tua terutama Kelompok KIM agar memiliki peran penting dalam membina dan menggunakan internet sebagai upaya menanggulangi ekses yang ditimbulkan dari penggunaan internet tanpa etis.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah komunikasi, interaksi, diskusi dan koordinasi sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada pemanfaatan TIK dan implementasinya di daerah Labuhanbatu." ucapnya.

Sementara, Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Labuhanbatu Siti Nursani Lubis dalam laporannya menjelaskan, pelatihan pengenalan TIK dan pembuatan blog dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27 s/d 28 Agustus 2018 di aula Diklat BKPP Labuhanbatu yang diikuti sebanyak 60 orang peserta berasal dari sembilan kecamatan.

" Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang komunikasi dan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya untuk kelompok informasi masyarakat yang berkompeten dan mampu menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi" terangnya.

Selama berlangsungnya kegiatan Pelatihan TIK dan Pembuatan Blog ini, para peserta dibina dan dibimbing oleh nara sumber dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan serta dari Dinas Kominfo Kabupaten Labuhanbatu.(ast)

Penulis   : franki
Editor     : tagor 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.