Header Ads

Gempa 7,7 SR di Donggala Sulteng, Korban Mulai Berjatuhan


LINTAS PUBLIK  - JAKARTA,  Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). BNPB mengabarkan, akibat gemba sudah mulai menimbulkan jatuh korban, satu orang meninggal, 10 luka-luka, dan juga dikeluarkan peringatan mengenai munculnya potensi gelombang tsunami.

Menurut akun Twitter BMKG, Jumat (28/9/2018), gempa itu terjadi pukul 17.02 WIB. Titik gempa di 0.18 LS dan 119.85 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Sejumlah rumah roboh akibat gempa 7,7 SR yang mengguncang Kabupaten Donggala,
Sulawaesi Tengah, JUmat (28/9/2018) sore. (twitter Sutopo PN)
Sebelumnya beberapa kali gempa terjadi dengan beragam kekuatan. Salah satunya gempa berkekuatan 6,0 SR yang menyebabkan kerusakan serta 1 korban meninggal dunia di Donggala.

Sementara itu Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, puluhan rumah rusak, dan sudah satu orang meninggal dunia.

“1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak akibat gempa dengan kekuatan magnitudo 6 mengguncang Donggala Sulawesi Tengah. Daerah yang mengalami kerusakan ada di Kec Sinreja Kab Donggala yang dekat pusat gempa. Gempa susulan masih terus terjadi,” ujarnya lewat akun twitternya satu jam lalu.

Sementara itu, setelah diguncang gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) dan 7,7 SR, gempa susulan terjadi lagi dengan kekuatan 6,1 SR. Pusat gempa terakhir berbeda dengan pusat gempa sebelumnya.

Gempa itu berpusat di kedalaman 10 km pada jarak 58 km timur laut Donggala, Sulawesi Tengah, atau 0.09 Lintang Utara dan 119.94 Bujur Timur. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.