Header Ads

Pemko Pematangsiantar Berencana Lobi Kemenpan RB Minta Formasi Guru


LINTAS PUBLIK - SIANTAR,  Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak membuka formasi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk seleksi serentak di tanggal 19 September 2018. Pemerintah Kota Siantar saat ini memiliki 4.635 pegawai negeri sipil.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Siantar, Zainal Siahaan mengatakan tidak dibukanya formasi CPNS karena belanja pegawai mencapai di atas 50 persen. Hal ini tidak sesuai dengan persyaratan untuk daerah menerima kuota formasi PNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

BACA JUGA  Pendaftaran CPNS Dibuka 16-20 September, Begini Caranya

Kepala BKD Pemko Siantar Zainal Siahaan diwawancarai usai Rapat Dengar
 Pendapat dengan Komisi I DPRD, Senin (18/9/2017) 
"Kita tidak ada menerima CPNS. Karena berdasarkan tahun 2016 belanja pegawai kita mencapai di atas 50 persen,"ujarnya via seluler, Sabtu (8/9/2018).

Zainal mengaku dengan jumlah PNS Siantar sebanyak 4.635 masih ideal untuk mengisi tenaga di dinas-dinas tertentu. Namun, Zainal mengatakan Pemko Siantar masih membutuhkan atau kekurangan tenaga guru di Sekolah Dasar.

"Kalau PNS kita memang ideallah. Tetapi, kita sangat minim di tenaga guru,"ujarnya.

Zainal juga mengungkapkan saat dibukanya portal untuk mengusulkan formasi PNS, Kota Siantar mengusulkan 400 CPNS.

Sekretaris Daerah Kota Siantar, Budi Utari Siregar mengatakan tengah melobi pemerintah pusat agar diberikan formasi CPNS khusus guru.

"Lagi sedang upaya. Senin aku ke Kemenpan RB. Mudah2an masih ada peluang untuk itu. Karena kebutuhan kita juga untuk guru sangat tinggi," katanya.

Saat disinggung berapa jumlah yang diusulkan untuk formasi guru, Budi belum mau membeberkan. Ia hanya mengahrapkan agar pemerintah pusat mau memberikan formasi CPNS bagi Siantar.

Seperti diketahui, Kemenpan RB akan membuka pendaftaran CPNS pada tanggal 19 September 2018. Para pelamar dapat mendaftar melalui portal http://sscn.bkn.go.id.

Sumber   : tribun 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.