Header Ads

Pendaftaran CPNS Dibuka 16-20 September, Begini Caranya


LINTAS PUBLIK - JAKARTA,  Kesempatan emas bagi pencari kerja. Pemerintah berencana membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 sekitar tanggal 16 – 20 September 2018. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) memberikan petunjuk pendaftarannya

Deputi SDM Kementerian PAN RB, Setiawan Wangsaatmaja, menegaskan setelah dibuka resmi nanti, pelamar bisa mendaftar melalui situs online yang dikelola Badan Kepegawaian Negara, yakni sscn.bkn.go.id. Kemudian, calon peserta mesti melengkapi syarat dari kementerian yang dipilih.

ilustrasi
Bagi calon pelamar CPNS 2018 hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan. Setelah melengkapi syarat tersebut, maka panitia akan memberikan nomor peserta ujian online.

“Daftarnya online melalui sscn.bkn tadi. Setelah daftar, itu kan dia mau daftar mana, kemudian pilihannya mana. Misalnya milih ke Kemenpan masuk ke webnya Kemenpan, dari Kemenpan keluar syarat-syaratnya, kemudian mereka masukan pendaftaran tersebut. Kalau memang dari hasil panitia ok, berarti mereka siap dapat nomor peserta,” ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Kemudian, kata Setiawan, peserta tes akan melakukan tes sebanyak dua tahapan lagi. Tes pertama adalah seleksi kompetensi dasar melalui sistem computer assisted tes (CAT) yang terdiri dari tiga sub tes, intelegensi umum, karakteristik pribadi dan wawasan kebangsaan.

Menurut dia, setelah dinyatakan lulus dari tes tersebut peserta akan dihadapkan pada tes kedua atau terakhir, yakni wawancara.

“Tes ada dua tahapan. Satu, seleksi kompetensi dasar, ada tiga subtes, intelegensia umum, karakteristik pribadi, dan wawasan kebangsaan. Lolos dari sana, maksimum tiga kali dari formasinya, jadi misalnya formasi yang dilamar itu misalnya lima, ya yang diterima maksimal 15. Lalu wawancara seseuai kebutuhan jabatan tersebut,” tutup dia.

Untuk diketahui, pemerintah akan membuka 238.015 formasi baik untuk instansi pusat dan instansi daerah. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan antara tanggal 16 sampai 20 September 2018.

Sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.