Header Ads

3 Tokoh Koperasi Siantar dapat Penghargaan dari Gubsu, STM HKBP Dapat Penghargaan Ini


LINTAS PUBLIK, Pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 Tingkat Provsu, Kamis (25/10/2018) di Hotel Danau Toba Medan 3 9tiga tokoh koperasi kota pematangsiantar mendapat penghargaan dari Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Ketiga tokoh pengiat koperasi asal Pematangsiantar yang mendapat penghargaan Gubsu adalah  Herbet Aruan, SPd, MH, Abner Simanungkalit SH dan Tohuzi Coki Daili.

Kepada lintaspublik.com, Jumat (26/10/2016) Herbet Aruan salah satu tokoh pengiat koperasi dari Pematangsiantar yang mendapat penghargaan dari Gubsu mengatakan, dengan adanya penghargaan ini kita harapkan perkoperasian di kota Pematangsiantar akan semakin maju dan berkembang.

BACA JUGA  Pendidikan Karakter Harus Dimulai Dari Keluarga

Herbet Aruan, SPd, MH menerima penghargaan Koperasi ke- 71 dari
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi 
"Mari membangun koperasi untuk mensejahtera. Mensejahterakan anggotanya, dan mensejahterakan masyarakat sekitarnya,"kata Herbet Aruan  Ketua KSU Bintang Fajar di jalan Nenas kota Pematangsiantar.

Masih kata Herbet Aruan yang juga wakil ketua Dekopin  kota Pematangsiantar menambahkan, diminta untuk semua pengelola perkoperasian agar terus membekali diri untuk memajukan koperasi disetiap tingkatan jabatan dikoperasi.

"Sebagai pengelola koperasi, saya mengajak kawan-kawan tetap mengupgrate pengelolaan koperasi, sehingga pengelola koperasi semakin baik kedepannya, dan dipercaya semua anggota dan masyarakat luas.   sehingga tujuan koperasi untuk sejahterakan masyarakat tercapai,"ungkap Herbet Aruan pemilik sertifikat sebagai fasilitator koperasi jasa keuangan dari lembaga sertifikasi Indonesia.

STM HKBP dan SMA 4 Dapat Penghargaan

Selain 3 tokoh koperasi dari Siantar, Gubernur Sumatera utara juga memberikan penghargaan kepada SMA Negeri  4 Pematangsiantar  juara 2 (dua)  Tangkas Terampilan Koperasi tingkat Sumatera Utara.

Gubsu juga memberikan penghargaan untuk Koperasi Wiratama Lestari STM HKBP dan KPN Jaya Siantar Barat mendapat penghargaan koperasi terbaik tingkat Sumatera Utara. Disamping itu  paduan suara KPN Departemen agama Pematangsiantar dipercaya menyanyikan lagu "Mars Koperasi" yang dihadiri ribuan peserta se propinsi sumatera Utara.

Gubsu : Koperasi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Berita yang dihimpun lintaspublik.com, Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berharap keberadaan koperasi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga manfaat koperasi dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), bukan hanya sekadar menampung tenaga kerja.

BACA JUGA  Anak Guru, Gepetendik Yakin Pendidikan Siantar Lebih Maju Bersama Hefriansyah

Herbet Aruan, SPd, MH menunjukan penghargaan Koperasi ke- 71 dari
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi 
Semua pihak terkait harus bergandengan tangan dan bersama-sama menghidupkan koperasi di daerah ini. “Mari kita bergandengan tangan. Saling mendukung untuk menghidupkan keberadaan koperasi, khususnya di Sumatera Utara. Keberadaan koperasi ini harus benar-benar dirasakan masyarakat,” ujar Gubsu pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 Tingkat Provsu, Kamis (25/10/2018) di Hotel Danau Toba Medan.

Edy Rahmayadi menyampaikan, berdasarkan laporan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumut, keberadaan koperasi nasional hanya menyumbang 4,48 % untuk perekonomian negara. Sementara di negara lain bisa menyumbangkan hingga 20 % kepada negara.

Pemerintah Provinsi (Pemprovsu), kata Edy, siap mendukung pengembangan koperasi, khususnya di Sumut. Dengan harapan, koperasi bisa mengubah infrastrukturnya dan memiliki program yang jelas. “Kita akan keluarkan dana jika program dari koperasi itu jelas. Kita juga ajak pihak perbankan dan kabupaten/kota untuk itu,” sebut Edy.

Ketua Dekopin Sumut Jabmar Siburian pada kesempatan itu mengatakan, keberadaan koperasi secara nasional hanya bisa berkontribusi 4,48 % terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun dari segi penyerapan tenaga kerja mencapai 95 % kontribusi koperasi dan UKM terhadap tenaga kerja di Indonesia.

Hadir pada kesempatan itu unsur Forkopimda Sumut, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan para bupati/walikota se Sumut, pimpinan perbankan, para penggiat koperasi, dan pengurus Dekopin Sumut.

Penulis   : tagor
Editor     : tagor





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.