Header Ads

BI Corner Diresmikan di SMAN 6 Pematangsiantar, Kasek : Semoga Meningkatkan Minat Baca Siswa


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Menutup bulan Oktober 2018, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan kembali meresmikan 1 (satu) unit BI Corner di Perpustakaan SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Tepatnya pada Rabu (31 Oktober 2018), pojok baca BI Corner ke-11 resmi diserahterimakan oleh Kepala Bank Indonesia Pematangsiantar kepada Kepala Sekolah SMA, Drs. H. Akhyar, M.Pd.

BI Corner ini merupakan yang ke-7 pada tingkat Sekolah Menengah Atas, setelah peresmian BI Corner sebelumnya di SMA Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) Pematangsiantar. Peresmian dan serah terima BI Corner di SMA Negeri 6 turut mendapat perhatian Cabang Dinas Pendidikan Siantar Provinsi Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kasi Ketenaga SMA dan PK, Drs.Hamonangan Aruan.

BACA JUGA  KPw BI Pematangsiantar Resmikan BI Corner ke 10 di SMA YPK Pematangsiantar


Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Pematangsiantar, Akhyar, M.Pd mengapresiasi langkah Bank Indonesia untuk turut berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di kota Pematangsiantar. Keberadaan BI Corner diharapkan dapat meningkatkan minat baca para siswa, menambah kemampuan literasi dan ilmu pengetahuan siswa. Para siswa juga diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan dengan optimal untuk menunjang proses pembelajaran baik di tingkat SMA saat ini maupun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, menjelaskan bahwa BI Corner merupakan salah satu Program Sosial Bank Indonesia di bidang pendidikan dengan tema program bertajuk “Indonesia Cerdas”. Pada tahap awal, yaitu tahun 2015, BI Corner difokuskan pada institusi pendidikan setingkat Perguruan Tinggi. Selanjutnya program ini juga diperluas hingga ke tingkat Sekolah Menengah Atas. Ke depannya, BI Corner diharapkan dapat hadir baik pada setiap level institusi pendidikan maupun sarana perpustakaan daerah hingga fasilitas publik lainnya.

Elly Tjan menambahkan bahwa program BI Corner ini merupakan program BI wide, yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri maupun Kantor Pusat Bank Indonesia.

Kehadiran BI Corner bertujuan untuk meningkatkan edukasi masyarakat melalui penyediaan buku-buku ekonomi yang berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi bagi BI agar masyarakat semakin mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.

BACA JUGA  Pertama Kali, KPw BI Pematangsiantar Resmikan BI Corner di Simalungun


Pembangunan BI Corner di Kota Pematangsiantar dan kabupaten/Kota wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah dilakukan sejak tahun 2015. BI Corner pertama diresmikan di Perpustakaan Daerah Kota Pematangsiantar dan Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Selanjutnya pada tahun 2016 diresmikan dua unit BI Corner lainnya di SMAN 4 Pematangsiantar dan Universitas Asahan. Selanjutnya pada tahun 2017, KPw BI Pematangsiantar menambah jumlah bantuan BI Corner yang dibangun hingga tersebar di 5 (lima) institusi pendidikan. Sebanyak tiga unit BI Corner yang diserahkan berada di Kota Pematangsiantar yaitu di SMAN 1, SMA Pelita Pematangsiantar, dan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun. Sementara itu, dua lainnya berada di wilayah kerja lainnya, yaitu SMAN 1 Kisaran dan SMAN 1 Raya.

Untuk periode 2018 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah merencanakan pembangunan empat unit BI Corner di berbagai SMA di Kota Pematangsiantar. Dua di antaranya telah diserahterimakan pada akhir periode Oktober, berdekatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-90. Program serupa masih akan terus berlanjut sebagai dukungan dan kontribusi nyata Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan edukasi.

Tak hanya meresmikan BI Corner, Bank Indonesia juga turut memberikan sosialisasi kepada 125 (seratus dua puluh lima) guru dan siswa SMA YPK Pematangsiantar.

Pada sesi ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat peran dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, mengenal ciri-ciri keaslian uang Rupiah, serta sosialisasi mengenai Gerbang Pembayaran Non-tunai (GPN). Melalui kegiatan sosialisasi ini, para guru dan siswa diharapkan dapat lebih memahami peran bank sentral serta turut berkontribusi dalam menjaga Rupiah.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.