Header Ads

Diskominfo Gelar Sosialisasi Persandian Tata Kelola Keamanan Informasi


LINTAS PUBLIK-RANTAUPRAPAT,Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu menggelar sosialisasi persandian dalam tata kelola keamanan informasi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (4/10/2018) di ruang data karya kantor Bupati Labuhanbatu.

Bertindak sebagai narasumber yakni dari Badan Siber dan Sandi Negara, Agus Salim ST, MT dan Surya Perdana Hasibuan, S.Tr.MP.

BACA JUGA  Tahun 2018, Saham Pemkab Labuhanbatu di PT Bank Sumut Rp.32 M

Sekda, Kadis Kominfo dan Narasumber sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai kegiatan sosialisasi.
Sekretaris Daerah Ahmad Muflih SH, MM saat membuka kegiatan itu mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar menuju paradigma baru memasuki era teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

"Perkembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi sudah menjadi trend di era digitalisasi saat ini. Maka dari itu, kita harus terus mengikuti perkembangan zaman" ujarnya.

Sekda juga menyampaikan, Pemkab Labuhanbatu akan mengembangkan inovasi daerah berbasis IT (Information dan Technology) untuk memonitor lalu lintas melalui CCTV secara bertahap, serta call center untuk pelayanan di Rumah Sakit.

Untuk mendukung program tersebut, Pemkab harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu melaksanakan tugas dengan baik.

"Mengingat pentingnya arti dari sistem keamanan informasi, saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh. Kedepannya, Pemkab akan mewajibkan masing-masing OPD memiliki tenaga IT minimal 10 orang, sehingga semuanya akan berbasis IT" katanya.

Kepala Bidang Pelayanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupatsn Labuhanbatu Zainul Arifin, SPd. MM menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan agar setiap OPD dapat memanfaatkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi persandian yang berkaitan dengan informasi, serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan persandian dan keamanan informasi.

Kegiatan sosialisasi keamanan informasi persandian di lingkungan Pemkab Labuhanbatu diharapakan dapat terselenggara dengan baik, transparan, efektif, efisien serta dapat dipertanggungjawabkan.

" Dengan sosialisasi ini, para akan peserta dapat mengetahui pentingnya pengamanan informasi, agar informasi dan data yang dimiliki dapat lebih aman dan terjaga" sebutnya.

Kegiatan itu diikuti oleh para Kepala OPD Pemkab Labuhanbatu serta para Camat se Kabupaten Labuhanbatu.

Penulis : tanjung
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.